Strategi Pembentukan Merek Rabbani Sebagai Lembaga Amil Zakat di Indonesia (Perspektif Model Hirarki Komunikasi Pemerekan AKIELS)

Februsa, Livo (2024) Strategi Pembentukan Merek Rabbani Sebagai Lembaga Amil Zakat di Indonesia (Perspektif Model Hirarki Komunikasi Pemerekan AKIELS). Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00.Cover.pdf - Accepted Version

Download (182kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01.Bab1-3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02.Bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03.Bab 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04.Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (176kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05.Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Zakat merupakan salah satu pilar dalam Islam yang berfungsi sebagai instrumen penting untuk redistribusi kekayaan dan pengentasan kemiskinan. Potensi zakat di Indonesia yang notabene adalah mayoritas masyarakat muslim ternyata belum bisa melakukan pengumpulan zakat secara efektif, hingga saat ini pengumpulan data masih sangat sedikit, hanya berkisar sekitar kurang lebih 10% dari total. Bahkan pemahaman dan literasi terhadap zakat juga masih cukup rendah. Hal ini menjadikan LAZ Rabbani sebagai lembaga amil zakat, memiliki peran strategis dalam mengelola dan menyalurkan dana zakat secara efektif dari muzakki kepada mustahik. Tidak hanya itu, peran edukasi mengenai zakat juga sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi branding yang dilakukan oleh LAZ Rabbani dalam membangun dan meningkatkan kesadaran masyarakat umum tentang pentingnya zakat bagi kaum muslimin, khususnya di tengah tantangan citra negatif yang melanda sejumlah lembaga keislaman, serta bias nama Rabbani itu sendiri. AKIELS digunakan sebagai kerangka teori untuk melakukan analisis dan evaluasi bagaimana LAZ Rabbani berhasil memperkuat reputasi dan menumbuhkan kepercayaan publik melalui strategi komunikasi yang efektif dan efisien, mampu menumbuhkan citra sebagai lembaga yang profesional dan transparan. Fenomena ini mengindikasikan bahwa strategi branding yang terstruktur dan fokus pada membangun kepercayaan serta keterlibatan masyarakat dapat menjadi kunci keberhasilan dalam mempertahankan dan meningkatkan performa lembaga amil zakat di tengah situasi yang kurang kondusif. Selain itu, penelitian ini menyoroti pentingnya adaptasi dan inovasi dalam pendekatan pengelolaan zakat untuk memastikan relevansi dan keberlanjutan peran lembaga zakat dalam masyarakat modern.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Zakat; Strategi Branding; LAZ Rabbani; Kesadaran Masyarakat; AKIELS
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Mass Media Communication
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Livo Februsa
Date Deposited: 02 Sep 2024 05:13
Last Modified: 02 Sep 2024 05:13
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10230

Actions (login required)

View Item View Item