PERILAKU DINAMIK PELAT PERKERASAN KAKU AKIBAT BEBAN DINAMIK KENDARAAN DENGAN KECEPATAN TIDAK KONSTAN DI ATAS LAPISAN TANAH PENDUKUNG DENGAN 3 PARAMETER

Ramadhan, Muhammad Vearell (2024) PERILAKU DINAMIK PELAT PERKERASAN KAKU AKIBAT BEBAN DINAMIK KENDARAAN DENGAN KECEPATAN TIDAK KONSTAN DI ATAS LAPISAN TANAH PENDUKUNG DENGAN 3 PARAMETER. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (468kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (175kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini, dilakukan analisis terhadap perilaku dinamik pelat perkerasan kaku di atas lapisan tanah pendukung dengan 3 parameter (kf, Gs, dan m0) akibat beban dinamik kendaraan yang dimodelkan dalam beberapa variasi ketebalan pelat dan juga kecepatan kendaraan yang melintasi pelat perkerasan kaku, dimana pelat dimodelkan sebuah pelat orthotropik persegi panjang dengan perletakan dowel di arah x dan tie bar di arah y. Beban dinamik kendaraan dimodelkan bergerak di tengah pelat dengan memiliki percepatan tetap dengan kecepatan awal yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh ketebalan pelat lantai dan kecepatan kendaraan yang melintasi pelat perkerasan kaku terhadap respons dinamik pelat, dan juga gaya-gaya dalam (momen lentur dan gaya geser). Analisis ini diselesaikan secara numerik dengan metode yang digunakan pada penelitian ini ialah Modified Bolotin Method dengan bantuan software Wolfram Mathematica. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ketebalan pelat berbanding lurus dengan respons dinamik pelat, dan didapatkan juga nilai kecepatan awal kritis dari kendaraan yang melintas yaitu pada 40 km/jam.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Pelat Perkerasan Kaku, Beban Dinamik Kendaraan, Ketebalan Pelat, Kecepatan Kendaraan, 3 Parameter, Respons Dinamik, Modified Bolotin Method, Wolfram Mathematica.
Subjects: Civil Engineering > Mechanics of Materials
Civil Engineering > Numerical Analysis
Civil Engineering > Structural Analysis
Civil Engineering
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Muhammad Vearell Ramadhan
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:22
Last Modified: 02 Sep 2024 04:22
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10312

Actions (login required)

View Item View Item