ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN NIKE DUNK DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM PEMINAT FASHION GEN Z

Putra, Muhammad Izzulhaq (2024) ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN NIKE DUNK DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM PEMINAT FASHION GEN Z. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (405kB)
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (131kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy

Abstract

Gaya berbusana rupanya menjadi hal yang cukup digemari oleh semua kalangan terlebih pada generasi muda di Indonesia saat ini. Perubahan trend fashion dari masa ke masa yang fluktuatif membentuk pola masyarakat yang cenderung adaptif dan konsumtif. Fenomena trend fashion yang baru-baru ini menjadi topik hangat di lingkungan sosial adalah maraknya penggunaan sepatu Nike Dunk bagi kalangan anak muda Generasi Z. Penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk menganalisis dan memahami bagaimana sepatu Nike Dunk mempengaruhi keputusan pembelian serta dampaknya terhadap self-esteem di kalangan peminat fashion dari Generasi Z. Dalam penelitian ini, digunakan teori consumer behavior yang mencakup aspek cognitive, affective, dan conative, serta teori self-esteem yang terdiri dari empat dimensi utama: power, significane, virtue, dan compentence. Metodologi yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan beberapa informan yang terdiri dari pengguna dan penggemar Nike Dunk, informan ahli dalam bidang consumer behavior dan self-esteem, serta anggota tim retail sneakers untuk mendapatkan informasi data yang valid. Penelitian ini menemukan bahwa keputusan untuk melakukan pembelian dan menggunakan Nike Dunk tidak hanya berangkat dari aspek fungsional dan estetika, tetapi juga dipengaruhi oleh kebutuhan untuk meningkatkan self-esteem melalui pengakuan sosial hingga kepuasan pribadi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Fashion, Nike Dunk, perilaku konsumen, self-esteem, Generasi Z
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Izzulhaq Putra
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:47
Last Modified: 03 Sep 2024 02:47
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10387

Actions (login required)

View Item View Item