PENGARUH DIGITAL CAMPAIGN SPOTIFY WRAPPED TERHADAP BRAND RESONANCE SPOTIFY PADA GENERASI Z (Studi pada Mahasiswa/i Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie)

Dewati, Devina Indah (2024) PENGARUH DIGITAL CAMPAIGN SPOTIFY WRAPPED TERHADAP BRAND RESONANCE SPOTIFY PADA GENERASI Z (Studi pada Mahasiswa/i Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (451kB)
[thumbnail of Bab I-III] Text (Bab I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (18kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (154kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy

Abstract

Spotify Wrapped merupakan digital campaign yang diluncurkan oleh Spotify setiap akhir tahun sejak 2016. Digital campaign tersebut menyajikan rangkuman aktivitas mendengarkan musik setiap penggunanya sepanjang tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh digital campaign Spotify Wrapped terhadap brand resonance Spotify, serta untuk mengukur seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 134 responden yang dipilih melalui teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa digital campaign Spotify Wrapped memiliki pengaruh signifikan terhadap brand resonance Spotify, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Generasi Z memberikan tanggapan positif terhadap digital campaign ini, terutama pada dimensi engagement, yang mencerminkan interaktif tinggi dan partisipasi aktif dari pengguna. Analisis tahapan brand resonance mengungkapkan bahwa Spotify telah berhasil membangun hubungan yang kuat dengan Generasi Z melalui tahapan brand salience, performance, imagery, judgment, feelings, hingga resonance. Meskipun Spotify telah berhasil menciptakan kesadaran dan loyalitas yang tinggi, terdapat peluang untuk lebih meningkatkan keterlibatan emosional dengan komunitas brand-nya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Digital Campaign, Brand Resonance, Spotify Wrapped, Spotify, Generasi Z
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Communication Science
Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Devina Indah Dewati
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:49
Last Modified: 05 Sep 2024 01:49
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10589

Actions (login required)

View Item View Item