Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pojok Selera PT Indofood Demi Mempertahankan Citra Positif

Metta, Vivian (2024) Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pojok Selera PT Indofood Demi Mempertahankan Citra Positif. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (446kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (187kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka kemiskinan di Indonesia berada di 9,36 persen. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia masih berada pada tingkat kemiskinan. Indofood sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pangan memiliki konsentrasi terhadap hal tersebut. Kemitraan dengan wirausahawan kuliner atau Pojok Selera adalah program pemberdayaan ekonomi untuk mendukung SDGs pertama yaitu menghapus kemiskinan. Dalam mewujudkan bentuk kepedulian perusahaan, Corporate Communications Indofood menerapkannya melalui program yang telah direncanakan sebelumnya. Tujuannya adalah membangun hubungan dan pendekatan antara perusahaan dan masyarakat atau publik. Corporate Social Responsibility tercipta sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan kepada aspek sosial. Penerapannya merupakan suatu etika profesional yang harus dilakukan oleh perusahaan sebagai penggagas kegiatan dan pelaku bisnis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyajikan informasi dan gambaran mengenai strategi pemberdayaan masyarakat yang dijalankan oleh Indofood melalui program CSR Pojok Selera demi mempertahankan citra positifnya. Dalam penelitian ini, desain yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada para informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Indofood melalui prinsip kesetaraan, partisipasi, kemandirian, dan keberlanjutan dapat memberikan dampak dan manfaat yang baik bagi masyarakat. Dengan demikian, Indofood dapat mempertahankan citra positifnya di masyarakat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Corporate Communications, CSR, Pemberdayaan Masyarakat, Citra
Subjects: Communication Science
Communication Science > Corporate Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Vivian Metta
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:14
Last Modified: 11 Sep 2024 03:14
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10667

Actions (login required)

View Item View Item