Metta, Vivian (2024) Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pojok Selera PT Indofood Demi Mempertahankan Citra Positif. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (446kB) |
|
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (665kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (706kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (187kB) |
|
Text (Lampiran)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
Abstract
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka kemiskinan di Indonesia berada di 9,36 persen. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia masih berada pada tingkat kemiskinan. Indofood sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pangan memiliki konsentrasi terhadap hal tersebut. Kemitraan dengan wirausahawan kuliner atau Pojok Selera adalah program pemberdayaan ekonomi untuk mendukung SDGs pertama yaitu menghapus kemiskinan. Dalam mewujudkan bentuk kepedulian perusahaan, Corporate Communications Indofood menerapkannya melalui program yang telah direncanakan sebelumnya. Tujuannya adalah membangun hubungan dan pendekatan antara perusahaan dan masyarakat atau publik. Corporate Social Responsibility tercipta sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan kepada aspek sosial. Penerapannya merupakan suatu etika profesional yang harus dilakukan oleh perusahaan sebagai penggagas kegiatan dan pelaku bisnis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyajikan informasi dan gambaran mengenai strategi pemberdayaan masyarakat yang dijalankan oleh Indofood melalui program CSR Pojok Selera demi mempertahankan citra positifnya. Dalam penelitian ini, desain yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada para informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Indofood melalui prinsip kesetaraan, partisipasi, kemandirian, dan keberlanjutan dapat memberikan dampak dan manfaat yang baik bagi masyarakat. Dengan demikian, Indofood dapat mempertahankan citra positifnya di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Corporate Communications, CSR, Pemberdayaan Masyarakat, Citra |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Corporate Communication Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Vivian Metta |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:14 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:14 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10667 |
Actions (login required)
View Item |