Arianty, Novelia (2024) Cinta dan Cari Untung: Komodifikasi di Industri K-Pop oleh Fans. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (Cover)
00. Cover.pdf.pdf - Accepted Version Download (203kB) |
|
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (969kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
03. BAB V.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf.pdf - Accepted Version Download (175kB) |
|
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
Abstract
Penggemar K-Pop memiliki peranan penting dalam perkembangan popularitas industri budaya K-Pop secara global. Karena loyalitas dan dedikasi melalui aktivitas penggemar yang dilakukan, penggemar K-Pop rela menginvestasikan waktu, uang, dan energi untuk mendukung idola mereka. Kondisi ini dimanfaatkan oleh agensi K-Pop untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya melalui praktik komodifikasi yang dilakukan seperti membuat sistem membership, merchandise, konten berbayar dan kolaborasi dengan brand yang tidak ada kaitannya dengan musik. Namun, praktik komodifikasi di industri budaya K-Pop tidak hanya dilakukan oleh agensi, saat ini, beberapa penggemar K-pop juga terlihat melakukan praktik komodifikasi ke sesama penggemar. Penelitian ini berusaha mengungkapkan bagaimana praktik komodifikasi yang dilakukan penggemar K-Pop dalam memproduksi fanmade merchandise yang dijual kepada sesama penggemar K-Pop lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi baru yang dikaji menggunakan teori komodifikasi oleh Vincent Mosco yang terbagi menjadi tiga elemen yaitu komodifikasi konten, komodifikasi khalayak dan komodifikasi pekerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik komodifikasi yang dilakukan oleh penggemar K-Pop dalam memproduksi fanmade merchandise berawal dari kegiatan prosumsi, penggemar mengonsumsi konten yang dibuat oleh agensi lalu memproduksi kembali konten tersebut menjadi sebuah karya. Karya tersebut diunggah di media sosial dan akhirnya dijual karena adanya permintaan pasar dari para penggemar lain. Keuntungan tdigunakan kembali untuk mendukung idola k-pop melalui praktik komodifikasi yang dilakukan agensi.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komodifikasi, Industri Budaya K-Pop, Penggemar K-Pop, Fan Art Merchandsie, Prosumsi |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Cultural Studies Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Novelia Arianty |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 08:07 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 08:07 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10720 |
Actions (login required)
View Item |