Pradipta, Bramandhika (2024) ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES MENGENAI REPRESENTASI SELF-LOVE PADA LIRIK LAGU “TUTUR BATIN” OLEH YURA YUNITA. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (924kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Download (430kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
Abstract
Pentingnya mencintai diri sendiri (self-love) saat ini sedang ramai dibicarakan. Terdapat salah satu lagu yang menunjukan tentang Self-love yakni karya dari Yura Yunita yang berjudul “Tutur Batin”, Lagu tersebut merefleksikan tentang perjalanan seseorang dalam meraih “Self-love” pada dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggambaran “Self-love” dalam lirik lagu “Tutur Batin” oleh Yura Yunita. Metode penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes dan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa lagu “Tutur Batin” merepresentasikan self-love yang ditunjukan adanya fase dan faktor-faktor penyebab self-love. Berdasarkan hasil temuan, lagu “Tutur Batin” memiliki makna bahwa seseorang yang mampu melakukan Self-love dapat menambah tingkat kepercayaan diri mereka dibandingkan dengan orang yang belum dapat mencintai diri mereka sendiri. Perilaku Self-love pada umumnya juga dapat menciptakan perasaan aman serta perasaan nyaman untuk diri seorang individu, karena sudah yakin akan atasan-batasan dan kelebihan dari diri sehingga dapat menyikapi emosi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representation, Lyric, Semiotics, Self-love |
Subjects: | Communication Science > Mass Media Communication Science > Semiotics and Consumer Culture Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Bramandhika Pradipta |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 08:18 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 08:18 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10852 |
Actions (login required)
View Item |