David Helmi, Bahari (2025) EVALUASI USER EXPERIENCE PADA NATIONAL HOSPITAL APPS MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (443kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (192kB) |
![]() |
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pengalaman pengguna menjadi faktor penting dalam menentukan kepuasan dan kenyamanan penggunaan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna terhadap aplikasi National Hospital Apps menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Enam aspek utama yang dievaluasi dalam penelitian ini meliputi Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Ketepatan, Stimulasi, dan Kebaruan. Studi ini melibatkan 371 responden pengguna National Hospital Apps di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek Daya Tarik (1,34) memperoleh skor tertinggi, diikuti oleh Stimulasi (1,224), Ketepatan (1,183), Efisiensi (1,154), dan Kebaruan (0,894), yang semuanya berada di atas rata-rata. Namun, aspek Kejelasan memperoleh skor 0,999, yang menunjukkan adanya ruang untuk perbaikan dalam kemudahan penggunaan dan pemahaman antarmuka aplikasi. Pencapaian positif ini kemungkinan dipengaruhi oleh tingkat loyalitas pengguna, di mana 59% responden telah menggunakan aplikasi lebih dari satu tahun, serta momen pengambilan data yang bertepatan dengan promosi dan perayaan ulang tahun ke-12 National Hospital. Temuan ini menunjukkan bahwa National Hospital Apps berhasil memenuhi ekspektasi pengguna dalam memberikan pengalaman yang positif dan nyaman. Oleh karena itu, penting untuk mempertahankan aspek Daya Tarik dan meningkatkan Kejelasan untuk menciptakan pengalaman yang lebih optimal. Penelitian ini memberikan dasar untuk pengembangan dan perbaikan lebih lanjut aplikasi National Hospital Apps, guna meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pengguna. Peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas jangkauan responden dan menggunakan metode lain untuk memperoleh gambaran yang lebih mendalam mengenai persepsi pengguna.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengalaman Pengguna, National Hospital Apps, User Experience Questionnaire UEQ, Evaluasi Aplikasi. |
Subjects: | Computer Science Customer Satisfaction Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi |
Depositing User: | David Helmi Bahari |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 07:27 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 07:27 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |