ATHALLARIQ, ARIABAGAS PRABANGKARA (2025) PRAKTIK KONSUMSI SUBSCRIBER DALAM BERLANGGANAN CHANNEL MEMBERSHIP VTUBER KAELA KOVALSKIA (PERSPEKTIF BOURDIEU). Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (400kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
01. Bab I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (744kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (244kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji fanbase VTuber Kaela Kovalskia dan praktik konsumsi membeli langganan YouTube channel membership untuk menjadi anggota Kaeluarga. VTuber, atau Virtual YouTuber, adalah kreator konten pada platform streaming seperti Twitch atau YouTube yang menggunakan avatar digital untuk untuk menggambarkan diri mereka sendiri, melakukan berbagai aktivitas secara online dan berinteraksi dengan penonton. Konten dan aktivitas yang mereka lakukan diantaranya bermain game, melakukan karaoke, dan mengobrol dengan penonton. Tujuan penelitian adalah untuk melihat praktik konsumsi yang muncul pada subscriber dan melihat alasan mereka berlangganan membership melalui habitus, modal dan arena para subscriber. Penelitian bersifat kualitatif dengan menggunakan metode netnografi. Teori yang digunakan adalah teori praktik Pierre Bourdieu terkait habitus, modal, dan arena. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan pembentukan habitus pada subscriber dari mereka secara rutin menonton stream Kaela. Tujuan utama subscriber adalah untuk mendapatkan perhatian Kaela dan berinteraksi dengannya. Subscriber mencapai tujuan dengan melakukan konversi modal ekonomi menjadi modal simbolik yaitu mengeluarkan uang membeli membership untuk menjadi anggota Kaeluarga dan mendapatkan berbagai manfaat membership. Modal simbolik meningkatkan peluang untuk mendapatkan perhatian Kaela dan mendapatkan modal sosial dan modal budaya dari bersosialisasi dengan komunitas penggemar Kaela.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Konsumsi, YouTube channel membership, Hololive, VTuber, habitus |
Subjects: | Communication Science > Cultural Studies Communication Science > Mass Media Communication Thesis > Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ariabagas Prabangkara Athallariq |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 03:00 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 03:00 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11247 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |