ANALISIS RESEPSI PENGGEMAR TERHADAP KONTEN IN REAL LIFE STREAMING ISHOWSPEED DI INDONESIA MELALUI PLATFORM YOUTUBE

Erlianita, Awanda Faujiah (2025) ANALISIS RESEPSI PENGGEMAR TERHADAP KONTEN IN REAL LIFE STREAMING ISHOWSPEED DI INDONESIA MELALUI PLATFORM YOUTUBE. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00 Cover.pdf - Accepted Version

Download (651kB)
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (103kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

IShowSpeed streamer yang melakukan IRL streaming di tiga kota besar Indonesia yaitu Jakarta, Bali dan Yogyakarta pada bulan September 2024. Rumusan masalah pada penelitian ini, bagaimana posisi dalam resepsi penggemar terhadap konten in real life streaming IShowSpeed di Indonesia. Tujuan penelitian, akan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana penggemar IShowSpeed di Indonesia menanggapi konten In Real Life Streaming, memberikan dukungan, memberikan kritik, dan berpartisipasi secara aktif dalam streaming melalui komentar. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif studi kasus dan pendekatan teori Stuart Hall (1980) dalam penelitian ini menggunakan Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara terstruktur sebagai teknik pengumpulan data. Hasil FGD menunjukan, pengalaman IRL streaming IShowSpeed berbeda antara penggemar online dan offline. Penggemar online menikmati spontanitas dan interaksi digital yang intens, sedangkan penggemar offline lebih menghargai kontrol dalam interaksi langsung. Meskipun streaming menciptakan keterlibatan emosional yang mendalam, kehadiran kerumunan besar sering mengganggu fokus dan menimbulkan dampak negatif, sehingga diperlukan strategi pengendalian massa. Di samping itu, media sosial memperkuat ilusi partisipasi meskipun keputusan akhir tetap berada di tangan idola. Saran untuk praktisi atau konten kreator agar dapat mempertimbangkan strategi adaptasi konten yang lebih inklusif bagi audiens online dan offline. Penelitian selanjutnya dapat memperluas cakupan dengan menggunakan penelitian dapat memperluas cakupan dengan menggunakan teori ilusi agensi untuk memahami keterlibatan digital dan ekonomi atensi dalam live streaming. Kata Kunci: IShowSpeed, IRL Streaming, Resepsi Penggemar, Encoding/Decoding, Ilusi Agency

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: IShowSpeed, IRL Streaming, Resepsi Penggemar, Encoding/Decoding, Ilusi Agency
Subjects: Communication Science
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Awanda Erlianita Faujiah
Date Deposited: 01 Mar 2025 02:17
Last Modified: 01 Mar 2025 02:17
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11425

Actions (login required)

View Item View Item