Erlianita, Awanda Faujiah (2025) ANALISIS RESEPSI PENGGEMAR TERHADAP KONTEN IN REAL LIFE STREAMING ISHOWSPEED DI INDONESIA MELALUI PLATFORM YOUTUBE. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Accepted Version Download (651kB) |
![]() |
Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (103kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
IShowSpeed streamer yang melakukan IRL streaming di tiga kota besar Indonesia yaitu Jakarta, Bali dan Yogyakarta pada bulan September 2024. Rumusan masalah pada penelitian ini, bagaimana posisi dalam resepsi penggemar terhadap konten in real life streaming IShowSpeed di Indonesia. Tujuan penelitian, akan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana penggemar IShowSpeed di Indonesia menanggapi konten In Real Life Streaming, memberikan dukungan, memberikan kritik, dan berpartisipasi secara aktif dalam streaming melalui komentar. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif studi kasus dan pendekatan teori Stuart Hall (1980) dalam penelitian ini menggunakan Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara terstruktur sebagai teknik pengumpulan data. Hasil FGD menunjukan, pengalaman IRL streaming IShowSpeed berbeda antara penggemar online dan offline. Penggemar online menikmati spontanitas dan interaksi digital yang intens, sedangkan penggemar offline lebih menghargai kontrol dalam interaksi langsung. Meskipun streaming menciptakan keterlibatan emosional yang mendalam, kehadiran kerumunan besar sering mengganggu fokus dan menimbulkan dampak negatif, sehingga diperlukan strategi pengendalian massa. Di samping itu, media sosial memperkuat ilusi partisipasi meskipun keputusan akhir tetap berada di tangan idola. Saran untuk praktisi atau konten kreator agar dapat mempertimbangkan strategi adaptasi konten yang lebih inklusif bagi audiens online dan offline. Penelitian selanjutnya dapat memperluas cakupan dengan menggunakan penelitian dapat memperluas cakupan dengan menggunakan teori ilusi agensi untuk memahami keterlibatan digital dan ekonomi atensi dalam live streaming. Kata Kunci: IShowSpeed, IRL Streaming, Resepsi Penggemar, Encoding/Decoding, Ilusi Agency
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IShowSpeed, IRL Streaming, Resepsi Penggemar, Encoding/Decoding, Ilusi Agency |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Awanda Erlianita Faujiah |
Date Deposited: | 01 Mar 2025 02:17 |
Last Modified: | 01 Mar 2025 02:17 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11425 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |