Gulo, Selvin (2025) RENCANA BISNIS EVENT ORGANIZER UNTUK KONTINGEN CABANG OLAHRAGA PADA PENYELENGGARAAN SPORT MULTI-EVENT. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (285kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (660kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (190kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia memiliki potensi besar dalam industri olahraga dan pariwisata, yang semakin berkembang melalui berbagai sport multi-event, seperti Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS). Namun, dalam penyelenggaraan event olahraga skala besar, kontingen menghadapi tantangan dalam manajemen perjalanan dan akomodasi yang efisien. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyusun rencana bisnis bagi Seventy, sebuah event organizer yang mengkhususkan diri dalam penyedia layanan logistik, akomodasi, dan hospitality bagi kontingen olahraga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada pendekatan Business Model Canvas (BMC), analisis SWOT-TOWS, analisis pemasaran dan Marketing Mix serta analisis keuangan (NPV, IRR, dan Payback Period) untuk menganalisis kelayakan bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Seventy memiliki peluang pasar yang besar dengan potensi pertumbuhan industri event olahraga yang terus meningkat. Diferensiasi layanan yang berfokus pada kontingen olahraga memberikan keunggulan kompetitif dibandingkan event organizer konvesional. Dari hasil analisis keuangan, bisnis ini menunjukan NPV positif, IRR lebih tinggi dari tingkat diskonto, serta Payback Period yang masih dalam rentang wajar, yang mengindikasikan bahwa Seventy layak untuk dijalankan. Dengan strategi pemasaran berbasis digital dan kolaborasi dengan komunitas olahraga Seventy dapat menjadi mitra terpercaya dalam mendukung kelancaran partisipasi kontingen di event olahraga nasional dan internasional.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Event Organizer, Kontingen Olahraga, Sport Multi-Event, Business Model Canvas, Kelayakan Bisnis. |
Subjects: | Management > Business Plan Business > Entrepreneurship Management > Business Plan > Business > Entrepreneurship Management > Organizational Behavior Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Selvin Gulo |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 07:53 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 07:53 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |