Bimantoro, Ari (2025) ANALISIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @JAK101FM SEBAGAI SARANA BRANDING DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT PADA KONTEN “ANAK MAGANG”. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf - Accepted Version Download (357kB) |
![]() |
Text (BAB I - III)
BAB I - III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (701kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (76kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (72kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
Abstract
Digitalisasi yang mengancam eksistensi media-media konvensional membuat media konvensional harus dapat beradaptasi agar bisa terus bertahan. Radio Jak 101 FM menjadi salah satu media konvensional yang beradaptasi pada era digital dengan menunjukan eksistensinya melalui media sosial khususnya Instagram. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi strategi social media marketing yang diterapkan dalam pembuatan dan distribusi konten tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan social media officer Jak101FM, observasi konten di Instagram, serta triangulasi dengan pakar komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten “Anak Magang” berhasil menarik perhatian audiens melalui storytelling yang relatable, humor yang ringan, serta pengemasan visual yang menarik. Interaksi yang tinggi terlihat dari jumlah views, likes, shares, dan komentar yang melampaui konten lain di akun yang sama. Engagement yang tinggi ini turut berdampak pada peningkatan brand awareness Jak101FM, memperluas jangkauan audiens, serta menciptakan komunitas digital yang aktif. Penelitian ini menegaskan bahwa strategi media sosial berbasis storytelling dan karakter kuat dalam konten dapat menjadi faktor penting dalam meningkatkan keterlibatan audiens. Selain itu, adaptasi media tradisional seperti radio ke dalam platform digital melalui konten kreatif dapat menjadi langkah efektif dalam mempertahankan relevansi di era digital.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Engagement rate by views, Citra merek, dan Jak 101 FM |
Subjects: | Marketing > Branding (Marketing) Communication Science Marketing Thesis Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ari Bimantoro |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 04:03 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 04:03 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |