ANALISIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @JAK101FM SEBAGAI SARANA BRANDING DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT PADA KONTEN “ANAK MAGANG”

Bimantoro, Ari (2025) ANALISIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @JAK101FM SEBAGAI SARANA BRANDING DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT PADA KONTEN “ANAK MAGANG”. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf - Accepted Version

Download (357kB)
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (72kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy

Abstract

Digitalisasi yang mengancam eksistensi media-media konvensional membuat media konvensional harus dapat beradaptasi agar bisa terus bertahan. Radio Jak 101 FM menjadi salah satu media konvensional yang beradaptasi pada era digital dengan menunjukan eksistensinya melalui media sosial khususnya Instagram. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi strategi social media marketing yang diterapkan dalam pembuatan dan distribusi konten tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan social media officer Jak101FM, observasi konten di Instagram, serta triangulasi dengan pakar komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten “Anak Magang” berhasil menarik perhatian audiens melalui storytelling yang relatable, humor yang ringan, serta pengemasan visual yang menarik. Interaksi yang tinggi terlihat dari jumlah views, likes, shares, dan komentar yang melampaui konten lain di akun yang sama. Engagement yang tinggi ini turut berdampak pada peningkatan brand awareness Jak101FM, memperluas jangkauan audiens, serta menciptakan komunitas digital yang aktif. Penelitian ini menegaskan bahwa strategi media sosial berbasis storytelling dan karakter kuat dalam konten dapat menjadi faktor penting dalam meningkatkan keterlibatan audiens. Selain itu, adaptasi media tradisional seperti radio ke dalam platform digital melalui konten kreatif dapat menjadi langkah efektif dalam mempertahankan relevansi di era digital.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Engagement rate by views, Citra merek, dan Jak 101 FM
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Communication Science
Marketing
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Bimantoro
Date Deposited: 11 Mar 2025 04:03
Last Modified: 11 Mar 2025 04:03
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11526

Actions (login required)

View Item View Item