Puspita, Angela Candra (2025) Analisis Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Smartphone Merek Samsung: Studi Kasus pada Pelanggan Smartphone di TMT Building Cilandak, Jakarta Selatan. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (336kB) |
![]() |
Text (Bab I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (35kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (68kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan maupun kepuasan pelanggan. Selain itu, kepuasan pelanggan juga terbukti berperan penting dalam memperkuat loyalitas, serta memediasi sebagian hubungan antara ekuitas merek dan loyalitas pelanggan. Temuan ini menegaskan bahwa persepsi positif terhadap merek—yang mencakup kesadaran, asosiasi, dan persepsi kualitas—tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan tetapi juga memperkuat loyalitas baik secara langsung maupun tidak langsung. Implikasi manajerial dari hasil penelitian ini merekomendasikan agar perusahaan memprioritaskan strategi penguatan ekuitas merek dengan menjaga kesesuaian produk terhadap harapan pelanggan, guna meningkatkan kepuasan dan mendorong loyalitas melalui perilaku rekomendasi positif dari pelanggan yang puas. Penelitian lanjutan disarankan untuk mempertimbangkan variabel tambahan seperti kepercayaan merek dan keterlibatan pelanggan, serta menggunakan pendekatan longitudinal guna memahami dinamika loyalitas pelanggan secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | brand equity, customer satisfaction, customer loyalty, SEM-PLS, mediation |
Subjects: | Marketing > Branding (Marketing) Thesis > Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management |
Depositing User: | Angela Candra Puspita |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:04 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:04 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11709 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |