Puteri, Cita Ayu Riyadi (2025) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI RISIKO DAN KUALITAS PRODUK KEPADA KEPUTUSAN PEMBELIAN ASURANSI JIWA MSIG DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGUSAHA RETAIL DI TANAH ABANG, JAKARTA PUSAT. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (274kB) |
![]() |
Text (BAB 1 - BAB 3)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (529kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (206kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (859kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dengan tujuan menganalisis pengaruh persepsi risiko dan kualitas produk kepada keputusan pembelian asuransi jiwa melalui kepercayaan merek sebagai variabel mediasi. Fokus penelitian adalah pada pengusaha ritel sektor informal yang berada di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang merupakan segmen pasar dengan tingkat risiko tinggi namun tingkat penetrasi asuransi jiwa yang masih rendah. Subjek penelitian ini adalah pengguna produk asuransi jiwa dari MSIG Life Indonesia, bagian dari grup asuransi global MS&AD. Pendekatan kuantitatif dengan metode survei, yang melibatkan 156 responden yang merupakan nasabah aktif MSIG Life. Hasil analisis menampilkan persepsi risiko dan kualitas produk terjadi pengaruh positif dan signifikan kepada kepercayaan merek. Selanjutnya, kepercayaan merek terbukti secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian. Selain itu, kepercayaan merek juga berperan sebagai variabel mediasi yang signifikan dalam hubungan antara persepsi risiko dan kualitas produk kepada keputusan pembelian. Temuan ini menekankan pentingnya membangun dan memperkuat kepercayaan merek untuk meningkatkan keyakinan konsumen kepada produk asuransi, khususnya di kalangan pelaku usaha informal yang memiliki karakteristik risiko tinggi. Implikasi manajerial dari penelitian ini mengarah pada perlunya strategi pemasaran yang fokus pada peningkatan kualitas layanan, penyampaian informasi yang transparan, serta komunikasi yang konsisten dan terpercaya. Dengan strategi tersebut, perusahaan asuransi diharapkan mampu mendorong keputusan pembelian serta menciptakan loyalitas jangka panjang di segmen pasar yang selama ini kurang terjamah.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Risiko, Kualitas Produk, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian, Asuransi Jiwa |
Subjects: | Marketing Thesis > Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management |
Depositing User: | Cita Ayu Riyadi Puteri |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:32 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:32 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |