Lelono, Dwi Joko (2025) ANALISA LINE BALANCING PADA LINE PERAKITAN CHASSIS EV TRUCK DENGAN METODE RANKED POSITION WEIGHT (RPW). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
File 00 Cover s.d Daftar Tabel.pdf - Accepted Version Download (363kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
File 01 BAB I s.d BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (787kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
File 02 BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
File 03 BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
File 04 Daftar Pustaka .pdf - Accepted Version Download (143kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
Abstract
Proses perakitan chassis merupakan salah satu tahapan penting dalam produksi kendaraan listrik, khususnya Electric Vehicle (EV) Truck), karena menentukan kualitas, efisiensi, dan ketepatan waktu penyelesaian produk. Namun, dalam praktiknya sering ditemukan ketidakseimbangan beban kerja antar stasiun kerja yang mengakibatkan terjadinya bottleneck, waktu menganggur (idle time), dan rendahnya efisiensi lini produksi. Oleh karena itu, diperlukan analisis line balancing untuk mengoptimalkan distribusi beban kerja pada setiap stasiun. Penelitian ini menggunakan metode Ranked Position Weight (RPW) yang dikenal efektif dalam menentukan urutan prioritas penugasan elemen kerja berdasarkan bobot posisinya, sehingga dapat meminimalisasi ketidakseimbangan antar stasiun kerja. Data yang digunakan meliputi waktu siklus, waktu baku, jumlah operator, serta urutan proses kerja pada lini perakitan chassis EV Truck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode RPW mampu menghasilkan pembagian beban kerja yang lebih seimbang, meningkatkan efisiensi lini produksi, dan mengurangi idle time secara signifikan dibandingkan kondisi aktual. Dengan demikian, metode RPW dapat dijadikan acuan bagi perusahaan dalam meningkatkan produktivitas, menekan biaya produksi, serta mendukung kelancaran proses perakitan pada industri otomotif berbasis kendaraan listrik.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Line Balancing, Ranked Position Weight (RPW), Chassis EV Truck, Efisiensi Produksi |
Subjects: | Industrial & Manufacturing Engineering > Manufacturing Processes Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri |
Depositing User: | Dwi Joko Lelono |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 03:01 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 03:01 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |