ANALISA LINE BALANCING PADA LINE PERAKITAN CHASSIS EV TRUCK DENGAN METODE RANKED POSITION WEIGHT (RPW)

Lelono, Dwi Joko (2025) ANALISA LINE BALANCING PADA LINE PERAKITAN CHASSIS EV TRUCK DENGAN METODE RANKED POSITION WEIGHT (RPW). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
File 00 Cover s.d Daftar Tabel.pdf - Accepted Version

Download (363kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
File 01 BAB I s.d BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
File 02 BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
File 03 BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
File 04 Daftar Pustaka .pdf - Accepted Version

Download (143kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Proses perakitan chassis merupakan salah satu tahapan penting dalam produksi kendaraan listrik, khususnya Electric Vehicle (EV) Truck), karena menentukan kualitas, efisiensi, dan ketepatan waktu penyelesaian produk. Namun, dalam praktiknya sering ditemukan ketidakseimbangan beban kerja antar stasiun kerja yang mengakibatkan terjadinya bottleneck, waktu menganggur (idle time), dan rendahnya efisiensi lini produksi. Oleh karena itu, diperlukan analisis line balancing untuk mengoptimalkan distribusi beban kerja pada setiap stasiun. Penelitian ini menggunakan metode Ranked Position Weight (RPW) yang dikenal efektif dalam menentukan urutan prioritas penugasan elemen kerja berdasarkan bobot posisinya, sehingga dapat meminimalisasi ketidakseimbangan antar stasiun kerja. Data yang digunakan meliputi waktu siklus, waktu baku, jumlah operator, serta urutan proses kerja pada lini perakitan chassis EV Truck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode RPW mampu menghasilkan pembagian beban kerja yang lebih seimbang, meningkatkan efisiensi lini produksi, dan mengurangi idle time secara signifikan dibandingkan kondisi aktual. Dengan demikian, metode RPW dapat dijadikan acuan bagi perusahaan dalam meningkatkan produktivitas, menekan biaya produksi, serta mendukung kelancaran proses perakitan pada industri otomotif berbasis kendaraan listrik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Line Balancing, Ranked Position Weight (RPW), Chassis EV Truck, Efisiensi Produksi
Subjects: Industrial & Manufacturing Engineering > Manufacturing Processes
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Dwi Joko Lelono
Date Deposited: 21 Aug 2025 03:01
Last Modified: 21 Aug 2025 03:01
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11843

Actions (login required)

View Item View Item