Adhia, Ridho Fra (2025) ANALISIS PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PENERBIT ERLANGGA). Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
![]() |
Text (COVER)
COVER - DAFTAR ISI.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
ISI BAB I - BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (850kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
ISI BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (907kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
ISI BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (320kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN OK.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing, kualitas produk, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam studi ini dengan metode analisis Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS). Sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling terhadap 92 responden yang merupakan pelanggan aktif dari Penerbit Erlangga Jabodetabek Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas produk menunjukkan pengaruh positif, namun tidak signifikan baik terhadap kepuasan maupun loyalitas pelanggan. Sementara itu, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun tidak signifikan terhadap loyalitas secara langsung. Kepuasan pelanggan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara mediasi, digital marketing dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan, sedangkan kualitas produk tidak menunjukkan pengaruh mediasi yang signifikan. temuan ini merekomendasikan agar perusahaan lebih fokus pada pengembangan konten digital marketing yang bernilai edukatif dan solutif, bukan hanya promosi produk semata. Selain itu, penerapan layanan pelanggan otomatis yang tetap human-friendly dan responsif di kanal digital seperti WhatsApp, Instagram, dan website, dinilai penting untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kata Kunci : digital marketing, kualitas produk, citra merek, kepuasan pelanggan, loyalitas
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | digital marketing, kualitas produk, citra merek, kepuasan pelanggan, loyalitas |
Subjects: | Marketing > Branding (Marketing) Thesis > Thesis (S2) Marketing > eCommerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management |
Depositing User: | Ridho Fra Adhia |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 08:05 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 08:05 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12022 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |