DINAMIKA KOMUNIKASI INTERNAL DALAM IMPLEMENTASI NILAI EPICC DI BANK DKI (STUDI ETNOGRAFI KOMUNIKASI DELL HYMES TERHADAP PROSES PEMBENTUKAN BUDAYA KERJA KARYAWAN) HALAMAN JUDUL

NOVIALETTA, LOLA DWI (2025) DINAMIKA KOMUNIKASI INTERNAL DALAM IMPLEMENTASI NILAI EPICC DI BANK DKI (STUDI ETNOGRAFI KOMUNIKASI DELL HYMES TERHADAP PROSES PEMBENTUKAN BUDAYA KERJA KARYAWAN) HALAMAN JUDUL. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of 00 COVER (2).pdf] Text
00 COVER (2).pdf

Download (335kB)
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
01 BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
03 BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena implementasi nilai-nilai organisasi seperti EPICC (Entrepreneurship, Professionalism, Innovation, Customer Centric, dan Collaboration) di lingkungan perbankan pemerintah menjadi tantangan tersendiri di tengah dinamika komunikasi internal yang kompleks. Meskipun telah menjadi nilai inti di PT Bank DKI, belum banyak kajian yang mengupas bagaimana nilai-nilai ini benar-benar diinternalisasi dalam praktik kerja sehari-hari oleh para pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika komunikasi internal dalam proses internalisasi nilai EPICC di PT Bank DKI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah model SPEAKING dari Dell Hymes untuk mengidentifikasi konteks komunikasi yang membentuk internalisasi nilai, serta triangulasi untuk menguji validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai EPICC berlangsung melalui berbagai saluran komunikasi formal maupun informal, seperti briefing pagi, koreksi SOP, dan percakapan kasual di pantry. Nilai Entrepreneurship dan Collaboration paling dominan terlihat dalam praktik keseharian. Komunikasi yang efektif dipengaruhi oleh faktor budaya organisasi, peran atasan sebagai role model, serta konsistensi penyampaian pesan nilai. Hasil juga menunjukkan adanya norma tidak tertulis yang memperkuat penerimaan nilai EPICC secara kolektif. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman mengenai praktik komunikasi internal di sektor BUMD serta menawarkan gambaran nyata tentang bagaimana nilai organisasi dapat dihidupi secara kontekstual oleh pegawai. Kata Kunci: Bank DKI, EPICC, Internalisasi Nilai, Komunikasi Internal, SPEAKING Model

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Bank DKI, EPICC, Internal Communication, Internalization of Values, SPEAKING Mode
Subjects: Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Lola Dwi Novialetta
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:30
Last Modified: 09 Sep 2025 04:30
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12212

Actions (login required)

View Item View Item