PROGRAM ADVERTORIAL INOVASI MEMBANGUN NEGERI PRAKTIK JURNALISTIK TELEVISI: KAJIAN HIERARKI PENGARUH ORGANISASI DAN EKSTRA MEDIA (SHOEMAKER & REESE ) PADA tvOne

PANGGABEAN, RONALD HALOMOAN (2025) PROGRAM ADVERTORIAL INOVASI MEMBANGUN NEGERI PRAKTIK JURNALISTIK TELEVISI: KAJIAN HIERARKI PENGARUH ORGANISASI DAN EKSTRA MEDIA (SHOEMAKER & REESE ) PADA tvOne. Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
Sidang_File00. cover[1].pdf - Accepted Version

Download (315kB)
[thumbnail of BAB1-3] Text (BAB1-3)
Sidang_File01 BAB 1 2 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Sidang_File02. BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Sidang_File03. BAB 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Sidang_File04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (263kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Sidang_File05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan ketat dalam industri media televisi di Indonesia mendorong stasiun televisi untuk mencari sumber pendapatan baru, salah satunya melalui program advertorial. Fenomena ini menciptakan ketegangan antara kepentingan komersial dan etika jurnalistik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik jurnalistik dalam produksi dan penayangan program advertorial Inovasi Membangun Negeri di tvOne. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus, penelitian ini menerapkan model Teori Hierarki Pengaruh (Hierarchy of Influence) oleh Shoemaker & Reese, dengan fokus pada level pengaruh organisasi media dan ekstra media. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan informan kunci dari jajaran direksi, GM Marketing, GM News, dan GM Produksi, serta diperkuat dengan analisis dokumen dan observasi partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi program advertorial Inovasi Membangun Negeri dipengaruhi kuat oleh faktor ekstra media, yaitu kondisi pasar iklan yang stagnan dan kebutuhan mendesak untuk menciptakan revenue stream baru. Pada level organisasi, program ini melibatkan kolaborasi antara departemen komersial (sales&marketing) dan redaksi (news). Meskipun dorongan komersial sangat dominan, departemen redaksi tvOne terbukti menjalankan mekanisme check and balances internal untuk menjaga independensi dan kredibilitas pemberitaan. Negosiasi antara kepentingan bisnis dan etika jurnalistik pada level organisasi ini menjadi kunci dalam menjaga identitas tvOne sebagai stasiun televisi berita.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: advertorial, jurnalistik televisi, inovasi membangun negeri, tvONe, hierarki pengaruh, organisasi media, ekstra media, shoemaker &reese
Subjects: Communication Science
Communication Science > News Broadcast
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ronald Halomoan Panggabean
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:44
Last Modified: 10 Sep 2025 01:44
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12256

Actions (login required)

View Item View Item