Putri, Chalisa Almadea (2025) FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN APLIKASI BANK DIGITAL SEABANK DENGAN PENDEKATAN EXTENDED TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (COVER)
00. Cover.pdf.pdf - Accepted Version Download (231kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf.pdf - Accepted Version Download (133kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor yang memengaruhi minat penggunaan aplikasi bank digital Seabank dengan menggunakan pendekatan Extended Technology Acceptance Model. Penelitian ini didasarkan pada Extended TAM, yang mengembangkan model TAM dengan tambahan variabel financial literacy sebagai faktor yang dapat memengaruhi behavioral intention to use dan actual use. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan populasi penelitian adalah mahasiswa akuntansi Universitas Bakrie yang menggunakan aplikasi Seabank. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara personally administered questionnaires, kemudian data dianalisis menggunakan Partial Least Squares untuk menguji hubungan antar variabel. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi industri perbankan digital, khususnya dalam merancang strategi pemasaran dan edukasi keuangan untuk meningkatkan adopsi aplikasi perbankan digital. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa financial literacy berpengaruh positif terhadap behavioral intention to use, behavioral intention to use berpengaruh positif terhadap actual use, dan perceived ease of use berpengaruh positif terhadap perceived usefulness. Sedangkan perceived ease of use dan perceived usefulness tidak berpengaruh terhadap behavioral intention to use.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Extended Technology Acceptance Model, financial literacy, behavioral intention to use, actual use, Seabank. |
Subjects: | Finance > Bank and Banking Finance > Personal finance Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | Chalisa Almadea Putri |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 02:39 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 02:39 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |