FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN APLIKASI BANK DIGITAL SEABANK DENGAN PENDEKATAN EXTENDED TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

Putri, Chalisa Almadea (2025) FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN APLIKASI BANK DIGITAL SEABANK DENGAN PENDEKATAN EXTENDED TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
00. Cover.pdf.pdf - Accepted Version

Download (231kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf.pdf - Accepted Version

Download (133kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor yang memengaruhi minat penggunaan aplikasi bank digital Seabank dengan menggunakan pendekatan Extended Technology Acceptance Model. Penelitian ini didasarkan pada Extended TAM, yang mengembangkan model TAM dengan tambahan variabel financial literacy sebagai faktor yang dapat memengaruhi behavioral intention to use dan actual use. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan populasi penelitian adalah mahasiswa akuntansi Universitas Bakrie yang menggunakan aplikasi Seabank. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara personally administered questionnaires, kemudian data dianalisis menggunakan Partial Least Squares untuk menguji hubungan antar variabel. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi industri perbankan digital, khususnya dalam merancang strategi pemasaran dan edukasi keuangan untuk meningkatkan adopsi aplikasi perbankan digital. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa financial literacy berpengaruh positif terhadap behavioral intention to use, behavioral intention to use berpengaruh positif terhadap actual use, dan perceived ease of use berpengaruh positif terhadap perceived usefulness. Sedangkan perceived ease of use dan perceived usefulness tidak berpengaruh terhadap behavioral intention to use.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Extended Technology Acceptance Model, financial literacy, behavioral intention to use, actual use, Seabank.
Subjects: Finance > Bank and Banking
Finance > Personal finance
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Chalisa Almadea Putri
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:39
Last Modified: 15 Sep 2025 02:39
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12388

Actions (login required)

View Item View Item