PENGARUH FITUR FLASH SALE, LIVE STREAMING SHOPPING DAN CUSTOMER REVIEW TERHADAP NIAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PLATFORM E COMMERCE SHOPEE

Ateh, Miftahul Jannah (2025) PENGARUH FITUR FLASH SALE, LIVE STREAMING SHOPPING DAN CUSTOMER REVIEW TERHADAP NIAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PLATFORM E COMMERCE SHOPEE. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
00.Cover.pdf - Accepted Version

Download (282kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01.BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V SIMPULAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (208kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh flash sale, live streaming, dan customer review terhadap niat beli dan keputusan pembelian di platform e-commerce Shopee. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksplanatori, yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara dua variabel dalam suatu situasi atau fenomena tertentu. Objek penelitian ini adalah pengguna Shopee yang telah menggunakan aplikasi selama minimal 6 bulan dan melakukan pembelian sebanyak 6 kali, dengan total 100 responden yang dipilih menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui kuisioner online yang dibagikan melalui platform media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flash sale dan live streaming tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dan keputusan pembelian di Shopee. Sebaliknya, customer review terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, karena dapat meningkatkan kepercayaan konsumen melalui pengalaman pengguna lain yang lebih mendalam. Selain itu, niat beli ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai faktor-faktor yang lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian di platform e-commerce dan menyarankan perusahaan untuk memperbaiki fitur-fitur yang ada, seperti meningkatkan transparansi pada flash sale dan kualitas ulasan produk yang lebih relevan. Penelitian ini juga membuka peluang bagi peneliti selanjutnya untuk mengeksplorasi variabel variabel lain yang mempengaruhi perilaku konsumen di e-commerce

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Flash Sale, Live Streaming, Customer Review, Niat Beli, Keputusan Pembelian, E-commerce, Shopee, Perilaku Konsumen, Penelitian Kuantitatif, Pengaruh Marketing, Pengguna Shopee
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Miftahul Jannah Ateh
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:57
Last Modified: 25 Sep 2025 04:57
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12801

Actions (login required)

View Item View Item