STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUSIK DIGITAL PADA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PROMOSI ALBUM MALIQ & D’ESSENTIAL “CAN MACHINES FALL IN LOVE?”

Santoso, Tsamarah Mumtaz (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUSIK DIGITAL PADA TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PROMOSI ALBUM MALIQ & D’ESSENTIAL “CAN MACHINES FALL IN LOVE?”. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
00. COVER.pdf - Accepted Version

Download (421kB)
[thumbnail of BAB I - BAB III] Text (BAB I - BAB III)
01. BAB I - BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (856kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (91kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Integrated Marketing Communication (IMC) sebagai strategi komunikasi pemasaran modern untuk menyampaikan pesan yang konsisten sekaligus membangun keterikatan emosional dengan audiens. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, serta data diperoleh melalui observasi konten TikTok, wawancara mendalam dengan pihak internal, tanggapan audiens, dan validasi triangulator. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi IMC dalam promosi album "Can Machines Fall in Love?" oleh Maliq & D’Essentials serta menilai efektivitas TikTok sebagai media promosi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Maliq & D’Essentials menerapkan IMC (Kotler & Keller, 2016) secara konsisten melalui integrasi advertising, sales promotion, events & experiences, public relations & publicity, online & social media marketing, direct & databased marketing, dan personal selling. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan IMC melalui TikTok yang terintegrasi dengan storytelling terbukti efektif meningkatkan awareness, loyalitas, partisipasi audiens, serta membangun hubungan jangka panjang dengan audiens.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Integrated Marketing Communication, Media Sosial TikTok, Komunikasi Pemasaran, Musik Digital
Subjects: Business > Advertising
Management > Business Plan > Business > Advertising
Marketing > Advertising
Communication Science > Digital Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Tsamarah mumtaz santoso
Date Deposited: 31 Oct 2025 04:13
Last Modified: 31 Oct 2025 04:13
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12868

Actions (login required)

View Item View Item