KAMPANYE AKBAR PEMILU PRESIDEN 2019 DALAM BINGKAI MEDIA (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KAMPANYE AKBAR PILPRES 2019 PADA KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID)

Ariestya Dhiham, Savira Gian (2019) KAMPANYE AKBAR PEMILU PRESIDEN 2019 DALAM BINGKAI MEDIA (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KAMPANYE AKBAR PILPRES 2019 PADA KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (716kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini membahas analisis Kampanye Akbar Pemilihan Presiden 2019 yang dilakukan kedua calon presiden di Stadion Gelora Bung Karno melalui pemberitaan media daring Kompas.com dan Republika.co.id. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tema utama dalam Kampanye Akbar tersebut. Penelitian ini berusaha mengetahui bagaimana Kompas.com dan Republika.co.id membingkai berita Kampanye Akbar dalam pemberitaannya. Peneliti akan menggunakan analisis framing model Robert N Entman yaitu dengan mengamati teks berita menggunakan empat struktur analisis framing, yaitu define problems (mengidentifikasi masalah), diagnose causes (penyebab masalah), make moral judgement (penilaian moral) dan treatment recommendation (penyelesaian masalah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam berita Kampanye Akbar Jokowi-Ma’aruf Amin menonjolkan program yang telah dilakukan selama menjadi Presiden, Sedangkan berita Kampanye Akbar Prabowo-Sandi menonjolkan sisi religiusitas.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kampanye Akbar Pemilihan Presiden 2019, Gelora Bung Karno, Media Online dan Analisis Framing.
Subjects: Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > Political Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Savira Gian Ariestya Dhiham
Date Deposited: 26 Aug 2019 05:59
Last Modified: 26 Aug 2019 05:59
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3001

Actions (login required)

View Item View Item