Makmur, Muhammad Hilman (2020) IMPLEMENTASI DIGITAL PUBLIC RELATIONS MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MEMBANGUN REPUTASI PERUSAHAAN (Analisis Instagram @hutamakarya dalam Peresmian Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung 2019). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00 cover.pdf - Submitted Version Download (912kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (485kB) |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (157kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (129kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (492kB) |
Abstract
Media sosial kini berperan penting untuk membangun reputasi perusahaan. Berbagai opini yang tidak benar terkait perusahaan muncul di media sosial dan menjadikan reputasi perusahaan menjadi tidak sesuai dengan value positif yang dimiliki perusahaan sebenarnya, oleh karena itu Hutama Karya melakukan inmplementasi digital public relations melalui media sosial Instagram untuk membangun reputasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi digital public relations terkait peresmian Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) melalui media sosial Intagram @hutamakarya untuk membangun reputasi perusahaan. Teori yang digunakan adalah digital public relations, media sosial Instagram, dan reputasi perusahaan. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer berupa wawancara mendalam dan data sekunder yang diperoleh dari sumber-sumber yang valid, yaitu studi pustaka atau literatur dan jurnal serta pemberitaan media. Enam informan pada penelitian ini adalah pihak yang terlibat langsung dalam Peresmian Tol Terpeka Hutama Karya dan memiliki pengetahuan tentang perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan beberapa fenomena penting, yakni pengimplementasian digital public relations Hutama Karya terkait Peresmian Tol Terpeka dengan mengunggah konten-konten yang sudah diolah dari press release yang ada, di rewording sesuai dengan platform Instagram. Selain itu, juga memanfaatkan momentum adanya tokoh penting di Indonesia sebagai upaya untuk membangun reputasi perusahaan terkait dengan empat dimensi reputasi perusahaan, dimana tiga diantaranya, yaitu trustworthiness, reliability, dan responsibility mendapatkan hasil yang maksimal. Adapun, dimensi credibility masih memerlukan penguatan supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya corporate reputation Hutama Karya dapat diteliti dengan menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui reputasi Hutama Karya di mata beragam stakeholders
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Public Relations, Media Sosial, Instagram, Reputasi Perusahaan |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Corporate Communication Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Muhammad Hilman Makmur |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 10:20 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 10:20 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3282 |
Actions (login required)
View Item |