Rufaida, Tawisku Galuh (2020) Pengaruh EWOM, Brand Image dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pelanggan Video On Demand Netflix). Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
COVER .pdf - Submitted Version Download (423kB) | Preview |
Text (BAB 1 - BAB III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (813kB) |
|
Text (BAB VI)
02 BAB VI.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (892kB) |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (20kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (259kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (172kB) |
Abstract
Netflix adalah perusahaan penyedia layanan video on demand asal Amerika yang terkenal di dunia, termasuk Indonesia. Masuknya Netflix ke Indonesia menimbulkan berbagai macam isu dari pemerintah dan masyarakat, namun jumlah pelanggannya tetap berkembang setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM), Brand Image dan Brand Trust terhadap keputusan berlangganan Netflix. Data yang dipergunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 yang ditentukan dengan rumus Hair. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif serta analisis partial least square structural equation modeling (PLS-SEM). PLS-SEM adalah model persamaan struktural untuk mengembangkan atau memprediksi suatu teori yang sudah ada. Model persamaan yang dianalisis adalah model pengukuran (outer model), model struktural (inner model) dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan perangkat lunak PLS-SEM versi 3.0 diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara EWOM, brand image dan brand trust terhadap keputusan pembelian. Sumbagan terbesar yang paling berpengaruh adalah variabel EWOM pada indikator Expressing Positive Emotions dan sumbangan terendah pengaruhnya adalah variabel brand image pada indikator tingkat manfaat produk dan jasa. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen Netflix harus meningkatkan strategi pemasaran EWOM dan menyadari betapa kuatnya pengaruh ulasan atau testimonial dari pelanggan mereka untuk meyakinkan calon pelanggan baru dan tidak perlu berfokus pada tingkat penggunaan produk karena aspek tersebut tidak esensial untuk para calon pelanggan dalam memutuskan berlangganan Netflix.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EWOM, Brand Image, Brand Trust, Keputusan Pembelian, Netflix |
Subjects: | Business > Advertising Management > Business Plan > Business > Advertising Marketing > Advertising Communication Science Management Research Communication Science > Marketing Communications Management Research > New Product Development Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S2) Thesis |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management |
Depositing User: | Tawisku Galuh Rufaida |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 09:36 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 09:36 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3619 |
Actions (login required)
View Item |