Pengaruh EWOM, Brand Image dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pelanggan Video On Demand Netflix)

Rufaida, Tawisku Galuh (2020) Pengaruh EWOM, Brand Image dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pelanggan Video On Demand Netflix). Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER .pdf - Submitted Version

Download (423kB) | Preview
[img] Text (BAB 1 - BAB III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text (BAB VI)
02 BAB VI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (259kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Netflix adalah perusahaan penyedia layanan video on demand asal Amerika yang terkenal di dunia, termasuk Indonesia. Masuknya Netflix ke Indonesia menimbulkan berbagai macam isu dari pemerintah dan masyarakat, namun jumlah pelanggannya tetap berkembang setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM), Brand Image dan Brand Trust terhadap keputusan berlangganan Netflix. Data yang dipergunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 yang ditentukan dengan rumus Hair. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif serta analisis partial least square structural equation modeling (PLS-SEM). PLS-SEM adalah model persamaan struktural untuk mengembangkan atau memprediksi suatu teori yang sudah ada. Model persamaan yang dianalisis adalah model pengukuran (outer model), model struktural (inner model) dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan perangkat lunak PLS-SEM versi 3.0 diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara EWOM, brand image dan brand trust terhadap keputusan pembelian. Sumbagan terbesar yang paling berpengaruh adalah variabel EWOM pada indikator Expressing Positive Emotions dan sumbangan terendah pengaruhnya adalah variabel brand image pada indikator tingkat manfaat produk dan jasa. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen Netflix harus meningkatkan strategi pemasaran EWOM dan menyadari betapa kuatnya pengaruh ulasan atau testimonial dari pelanggan mereka untuk meyakinkan calon pelanggan baru dan tidak perlu berfokus pada tingkat penggunaan produk karena aspek tersebut tidak esensial untuk para calon pelanggan dalam memutuskan berlangganan Netflix.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: EWOM, Brand Image, Brand Trust, Keputusan Pembelian, Netflix
Subjects: Business > Advertising
Marketing > Advertising

Communication
Management Research
Communication > Marketing Communications
Management Research > New Product Development
Communication > Social Media
Thesis > Thesis (S2)
Thesis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Tawisku Galuh Rufaida
Date Deposited: 24 Aug 2020 09:36
Last Modified: 24 Aug 2020 09:36
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3619

Actions (login required)

View Item View Item