DEWI, ZULFI ATIKA (2020) PENGARUH AUGMENTED REALITY TERHADAP NIAT PEMBELIAN (PURCHASE INTENTION) MELALUI TECHNOLOGY ACCEPTENCE MODEL. Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (417kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (844kB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (477kB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (15kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (257kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (678kB) |
Abstract
Meningkatnya jumlah pengguna smartphone dan internet membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang potensial dalam pengembangan teknologi digital. Dampak dari digitalisasi adalah banyaknya marketplace yang tumbuh di Indonesia. Hal tersebut membuat pelaku industri eceran perlu bersaing dalam dunia online. Salah satu bentuk persaingannya yaitu mengembangkan aplikasi pada smartphone dengan mengimplementasikan teknologi Augmented Reality (AR). AR merupakan teknologi interaktif yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual, lalu diproyeksikan dalam waktu yang bersamaan. Di Indonesia sendiri sudah ada industri kosmetik yang mengembangkan teknologi AR yaitu Sephora. Teknologi AR akan berkembang pada 5 – 10 tahun mendatang, sehingga perlu mengetahui apakah AR dapat diterima konsumen, serta apakah dapat mempengaruhi minat pembelian (purchase intention). Metode penelitian kuantitatif akan digunakan dalam penelitian ini, yang mana teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala linkert. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 200 orang. Selanjutnya dilakukan teknik pengujian dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh dimensi technology acceptence model kecuali ease of use, berpengaruh secara positif dan signifikan pada purchase intention secara langsung. Hal ini berarti bahwa sebuah teknologi yang tergolong baru bagi konsumen diharapkan dapat memiliki fungsi utama (usefulness) terlebih dahulu. Selain itu, berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa technology acceptence model menjadi mediator antara augmented reality dengan purchase intention.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Minat Pembelian, Technology Acceptence Model, Structural Equation Model. |
Subjects: | Customer Behavior Thesis > Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management |
Depositing User: | Zulfi Atika |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 05:20 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 05:20 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3625 |
Actions (login required)
View Item |