PERANCANGAN STRATEGI BISNIS STARTUP BEPAHKUPI

Rifqi, Aprilyan Ajiansyah (2020) PERANCANGAN STRATEGI BISNIS STARTUP BEPAHKUPI. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (835kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan alternatif rancangan strategi bisnis Bepahkupi dalam mengembangkan usahanya memasarkan produk kopi dari petani di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Perancangan strategi bisnis dilakukan dengan mengikuti teori proses perancangan strategi (David, 2012) dan Business Model Canvas (Osterwalder dan Pigneur, 2010). Hasil analisis menunjukkan bahwa persaingan ditingkat penjualan kopi dalam kemasan secara konvensional maupun daring (online) sangat tinggi. Sementara, kondisi pasokan dari petani kopi di Kabupaten Bener Meriah belum bisa memenuhi standard dari perusahaan Starbucks yang sudah membeli hasil kopi dari petani di Kabupaten Aceh Tengah. Strategi yang diusulkan peneliti adalah agar Bepahkupi melengkapi strategi yang dijalankan saat ini, yakni meningkatkan kepedulian kepada produk kopi kemasannya, dengan pemasaran ke perusahaan Starbucks melalui koperasi setempat (KBQ Baburrayan). Strategi pemasaran di lokasi ke perusahaan internasional ini akan dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas kopi untuk mencapai standar CAFE Practices dari Starbucks. Usulan penambahan strategi ini akan membutuhkan penambahan sumber daya manusia dengan keterampilan yang memadai di lokasi petani/kebun kopi Bener Meriah untuk meningkatkan kualitas hasil pertaniannya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kopi Gayo Aceh, Kabupaten Bener Meriah, Startup Bepahkupi, Manajemen Stratejik, Business Model Canvas (BMC), dan Sertifikasi Café Practices
Subjects: Management > Corporate Strategy
Management > Corporate Sustainability Strategy
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rifqi Aprilyan Ajiansyah
Date Deposited: 02 Sep 2020 07:35
Last Modified: 02 Sep 2020 07:35
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3915

Actions (login required)

View Item View Item