PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Konsumen Billionaires Project di Kelurahan Bintaro)

Ardani, Nabilah Tsabat Zain (2020) PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Konsumen Billionaires Project di Kelurahan Bintaro). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Seorang influencer dapat membantu sebuah brand dalam melakukan kegiatan komunikasi pemasaran dan bisa mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian brand tersebut. Arief Muhammad merupakan salah satu influencer yang memiliki kredibilitas yang cukup baik dan melakukan kegiatan komunikasi pemasaran untuk brand miliknya, yaitu Billionaires Project dalam mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kredibilitas influencer Arief Muhammad sebagai pemiliki brand lokal Billionaires Project terhadap keputusan pembelian produk Billionaires Project. Penelitian ini melihat pengaruh kredibilitas influencer yang juga merupakan pemilik dari brand lokal Billionaires Project yang diteliti, bukan hanya sebagai endorser. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan dilakukan di Kelurahan Bintaro dengan beberapa kriteria responden yang sudah ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas yang dimiliki Arief Muhammad dinilai sudah baik karena mampu mempengaruhi sikap dan perilaku responden dalam menentukan keputusan pembelian produk Billionaires Project. Terdapat tiga dimensi kredibilitas influencer, yaitu keahlian (expertise), kepercayaan (trustworthiness) dan daya Tarik (attractiveness). Dari ketiga dimensi tersebut, terlihat bahwa faktor kredibilitas influencer yang paling mempengaruhi keputusan pembelian adalah faktor keahlian (expertise), artinya dari ketiga dimensi kredibilitas influencer bahwa responden lebih melihat kredibilitas influencer dari keahlian (expertise). Dengan demikian dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa kredibilitas influencer mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, dimana dengan menggunakan influencer atau sumber atau komunikator yang memiliki kredibilitas yang baik akan mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Keywords: Kredibilitas Influencer, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas influencer, keputusan pembelian
Subjects: Customer Behavior
Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nabilah Tsabat
Date Deposited: 28 Sep 2020 04:38
Last Modified: 28 Sep 2020 04:38
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4183

Actions (login required)

View Item View Item