Naser, Mohamad Faissal Ismail (2020) ANALISIS CRISIS RESPONSE STRATEGY PADA MASKAPAI LION AIR (Studi Kasus Terhadap Crisis Center Kecelakaan Penerbangan JT610). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (261kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (643kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (11kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (11kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang strategi PR dalam menangani kasus jatuhnya pesawat Lion Air JT610 yang merupakan salah satu krisis yang dihadapi oleh sebuah perusahaan atau organisasi. Tentunya ini menjadi tugas berat bagi praktisi public relations (PR) Lion Air untuk menangani krisis yang menjadi masalah perusahaan. Krisis PR adalah suatu peristiwa yang dapat membahayakan image perusahaan, reputasi maupun stabilitas keuangan. Suatu krisis dikatakan krisis PR apabila krisis tersebut diketahui oleh publik dan mengakibatkan munculnya persepsi negatif terhadap perusahaan, organisasi atau citra seseorang. Keandalan seorang praktisi kehumasan baru terlihat saat ia mampu menempatkan diri sebagai tokoh sentral yang bertindak profesional dalam upaya penanggulangan krisis potensial dan aktual. Fokus penelitian ini adalah pada strategi PR Lion Air dalam menghadapi krisis yang terjadi saat terjatuhnya pesawat JT610. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang diambil oleh PR Lion Air untuk menghadapi krisis JT610. Pada penelitian ini pengumpulan data mengacu pada analisis strategi yang sudah dilakukan PR Lion Air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PR Lion Air sudah melakukan tindakan-tindakan yang dapat membantu perusahaan untuk memperbaiki segala akibat yang ditimbulkan oleh krisis. Lion Air melalui aktifitas PR konferensi pers, siaran pers, website, dan sosial media memberikan informasi kepada khalayak mengenai apa yang tengah dilakukan dan apa yang akan direncanakan Lion Air untuk mengatasi masalah yang terjadi.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategy, public relations, crisis, lion air, strategi, PR, krisis, lion air |
Subjects: | Communication Science > Corporate Communication Communication Science > Mass Media Communication Communication Science > Press conferences - Evaluation Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial |
Depositing User: | Mohamad Faissal Ismail Naser |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:39 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:39 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4328 |
Actions (login required)
View Item |