STRATEGI BISNIS PT. INDAH KIAT PULP AND PAPER PERAWANG MILL UNTUK MEMPERTAHANKAN PENJUALAN DAN MENINGKATKAN LABA

Putera, Gery Azhari (2021) STRATEGI BISNIS PT. INDAH KIAT PULP AND PAPER PERAWANG MILL UNTUK MEMPERTAHANKAN PENJUALAN DAN MENINGKATKAN LABA. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (708kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (954kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan laporan tahunan (INKP Annual Report, 2019), PT. Indah Kiat Pulp dan Paper (INKP) mengalami penurunan penjualan neto sebesar 3.4 % dan laba neto 53.4 % dari tahun sebelumnya. Penurunan diikuti oleh masa pandemi Covid-19 yang juga dapat mempengaruhi penjualan dan laba perusahaan. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif agar dapat menangkap fenomena yang terjadi melalui analisis kondisi terkini baik itu eksternal dan internal menggunakan Analisis PESTLE, Porter dan SWOT. Kemudian dirumuskan suatu tujuan, strategi, taktik, aksi, dan evaluasi atau kendali menggunakan kerangka kerja SOSTAC®. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi publikasi laporan-laporan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa faktor strategis internal pada kekuatan (Strengths) dari INKP yang paling utama adalah kualitas produk dan efisiensi proses produksi, dan pada kelemahan (Weakness) adalah distribusi produk dan saluran distribusinya. Sementara itu faktor strategis eksternal pada peluang (Opportunities) yang paling utama adalah perubahan perilaku masyarakat untuk pemakaian masker, ketersediaan bahan baku dan kebijakan fiskal negara, dan pada ancaman (Threats) adalah penurunan permintaan kertas dan adaptasi teknologi. Menggunakan diagram kartesius SWOT didapatkan bahwa hasil EFAS dan IFAS berada pada kuadran strategi utama ST yaitu diversifikasi. Berdasarkan hasil analisis dapat dirumuskan tujuan strategis INKP yaitu melakukan diversifikasi produk berupa serat rayon viskosa dengan produk akhir masker dari bahan baku Pulp dalam 1 tahun dan penggeseran produksi dari 56 % kertas dan 43% pulp menjadi 45 % kertas, 34 % pulp, dan 20 % serat rayon dalam 3 tahun untuk mempertahankan nilai penjualan dan memperoleh peningkatan laba. Strategi tingkat korporasi adalah diversifikasi produk dengan strategi tingkat bisnis yaitu diferensiasi sesuai dengan Matriks Generic Porter. Investasi ini mempunyai CAPM bernilai 0.0708, NPV positif, dan IRR dengan laju 39.87%.Taktik dan aksi direncanakan menggunakan manajemen proyek dengan Gantt Chart dalam kurun waktu proyek 1 tahun pada aktivitas utama pembangunan lini produksi dan aktivitas pemasaran. Kendali dan evaluasi dilakukan melalui penerapan target melalui KPI sesuai dengan fungsi kerja dan EBIT dan EBITDA pada tingkat akhir secara keseluruhan produksi dan pemasaran.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: PESTLE, SWOT, SOSTAC, Strategi, Bisnis
Subjects: Management > Business Process Management
Management > Corporate Strategy
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Gery Azhari Putera
Date Deposited: 23 Aug 2021 07:53
Last Modified: 23 Aug 2021 07:53
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4968

Actions (login required)

View Item View Item