Mardiyanto, Agung (2021) Strategi Employer Brand Image Ruangguru melalui Media Sosial (Studi Kasus di PT Ruang Raya Indonesia. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
00 cover.pdf - Submitted Version Download (719kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (22kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (250kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (762kB) | Request a copy |
Abstract
Terjadi fenomena unik di dunia kerja saat ini. Pengangguran banyak, tapi perusahaan-perusahaan kesulitan mendapatkan karyawan. Hal ini karena karyawan yang bertalenta memiliki wewenang dan kekuatan penuh untuk memilih bergabung ke sebuah perusahaan. Karena itu perusahaan membutuhkan strategi employer branding yang efektif untuk memenangkan perang mendapatkan talenta di pasar tenaga kerja. Menggunakan pendekatan teori dimensi citra merek Wijaya, penelitian ini mendeskripsikan bagaimana strategi employer brand image Ruangguru melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi tekstual dan digital. Serangkaian wawancara juga dilakukan kepada subjek utama dari pihak corporate communication, subjek pendukung dari human resources department, dan subjek pembanding di kalangan kandidat karyawan untuk validasi data. Adapun media sosial Ruangguru yang menjadi obyek observasi adalah Medium, LinkdIn, dan Instagram. Temuan menunjukkan bahwa employer brand image Ruangguru melalui media sosial terbentuk oleh strategi brand identity Ruangguru yang inklusif, progresif, dan inovatif, brand personality/character yang murah hati, brand association sebagai pemberi kerja yang memiliki kepedulian terhadap akses pendidikan, brand behavior yang fleksibel dan respectful, serta brand competence Ruangguru sebagai penyedia ruang bagi perbuatan baik dalam dunia pendidikan. Strategi komunikasi employer brand image Ruangguru di media sosial ini ternyata sinergis dengan consumer’s image para kandidat karyawan yang kemudian menjadikan Ruangguru sebagai tempat kerja impian (employer of choice). Penelitian ini berkonstribusi signifikan terhadap pengembangan teori komunikasi citra merek dalam konteks sumber daya manusia, komunikasi korporat, dan komunikasi organisasi.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Employer Branding, Employer Image, Komunikasi Korporat, Citra Merek, Corporate Communication, Brand Image, Ruangguru |
Subjects: | Marketing > Branding (Marketing) Communication Science > Corporate Communication Communication Science > Digital Communication Management > Human Resource Management Communication Science > Marketing Communications Communication Science > Social Media Marketing > eCommerce Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Agung Mardiyanto |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 08:30 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 08:30 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5084 |
Actions (login required)
View Item |