APLIKASI THE CIRCULAR MODEL OF SOME PADA PENGELOLAAN KONTEN INSTAGRAM (Studi Kasus @ilmukomunikasi.ub)

Yurizkiandi, Mochamad Fariz (2021) APLIKASI THE CIRCULAR MODEL OF SOME PADA PENGELOLAAN KONTEN INSTAGRAM (Studi Kasus @ilmukomunikasi.ub). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (637kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04 BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 BAB Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy

Abstract

Dengan perkembangan internet yang begitu cepat kini internet dapat berfungsi sebagai media informasi tetapi juga sebagai media pemasaran dan media komunikasi. Peningkatan internet memicu pertumbuhan progresif dibidang pendidikan yang mana banyak instansi-instansi pendidikan mulai merajai internet sebagai media penyebaran dan pembagian informasi kepada masyarakat. Media sosial dapat memberikan kesempatan berkomunikasi secara langsung. Salah satunya Instagram. Saat ini Instagram menjadi media sosial online yang paling sering digunakan. Mengelola sebuah aktivitas komunikasi lewat media sosial ternyata tidak sederhana. Dibutuhkan sebuah strategi komunikasi dan seperangkat elemen yang sirkuler yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu brand dalam mengelola media sosial. Kondisi tersebut tentunya mengharuskan pengelola media sosial menjalankan tugas dan fungsinya menyusun strategi pengelolaan konten. Hal ini dilakukan juga oleh instansi pendidikan yang mengelola akun media sosial, termasuk prodi Ilmu Komunikasi di Universitas Bakrie. Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie merupakan prodi yang menggunakan media sosial Instagram sebagai media untuk meningkatkan brand engagement. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan konten media sosial Instagram yang dilakukan oleh akun @ilmukomunikasi.ub dalam meningkatkan brand engagement. Penelitian ini menggunakan teori The Circular Model of SOME menurut Regina Luttrel dan Brand Engagement menurut Katie Paine. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan studi kasus intrinsik dengan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian teori The Circular Model of SOME yang tahapannya meliputi share, optimize, manage, dan engage. Tahapan yang diimplementasikan akun @ilmukomunikasi.ub sudah sesuai, namun dalam meningkatkan brand engagement dari akun @ilmukomunikasi.ub masih belum maksimal, walaupun dengan strategi pengelolaan konten yang diimplementasikan sekarang, akun @ilmukomunikasi.ub memiliki relevansi pesan yang cukup dengan followers-nya. Kata Kunci: Pengelolaan Konten, Model The Circular of Some, Brand Engagement, Instagram, @ilmukomunikasi.ub

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Konten, Model The Circular of Some, Brand Engagement, Instagram, @ilmukomunikasi.ub
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mochamad Fariz Yurizkiandi
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:09
Last Modified: 06 Sep 2021 04:09
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5390

Actions (login required)

View Item View Item