Yurizkiandi, Mochamad Fariz (2021) APLIKASI THE CIRCULAR MODEL OF SOME PADA PENGELOLAAN KONTEN INSTAGRAM (Studi Kasus @ilmukomunikasi.ub). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (637kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04 BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (160kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05 BAB Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
Abstract
Dengan perkembangan internet yang begitu cepat kini internet dapat berfungsi sebagai media informasi tetapi juga sebagai media pemasaran dan media komunikasi. Peningkatan internet memicu pertumbuhan progresif dibidang pendidikan yang mana banyak instansi-instansi pendidikan mulai merajai internet sebagai media penyebaran dan pembagian informasi kepada masyarakat. Media sosial dapat memberikan kesempatan berkomunikasi secara langsung. Salah satunya Instagram. Saat ini Instagram menjadi media sosial online yang paling sering digunakan. Mengelola sebuah aktivitas komunikasi lewat media sosial ternyata tidak sederhana. Dibutuhkan sebuah strategi komunikasi dan seperangkat elemen yang sirkuler yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu brand dalam mengelola media sosial. Kondisi tersebut tentunya mengharuskan pengelola media sosial menjalankan tugas dan fungsinya menyusun strategi pengelolaan konten. Hal ini dilakukan juga oleh instansi pendidikan yang mengelola akun media sosial, termasuk prodi Ilmu Komunikasi di Universitas Bakrie. Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie merupakan prodi yang menggunakan media sosial Instagram sebagai media untuk meningkatkan brand engagement. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan konten media sosial Instagram yang dilakukan oleh akun @ilmukomunikasi.ub dalam meningkatkan brand engagement. Penelitian ini menggunakan teori The Circular Model of SOME menurut Regina Luttrel dan Brand Engagement menurut Katie Paine. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan studi kasus intrinsik dengan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian teori The Circular Model of SOME yang tahapannya meliputi share, optimize, manage, dan engage. Tahapan yang diimplementasikan akun @ilmukomunikasi.ub sudah sesuai, namun dalam meningkatkan brand engagement dari akun @ilmukomunikasi.ub masih belum maksimal, walaupun dengan strategi pengelolaan konten yang diimplementasikan sekarang, akun @ilmukomunikasi.ub memiliki relevansi pesan yang cukup dengan followers-nya. Kata Kunci: Pengelolaan Konten, Model The Circular of Some, Brand Engagement, Instagram, @ilmukomunikasi.ub
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Konten, Model The Circular of Some, Brand Engagement, Instagram, @ilmukomunikasi.ub |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mochamad Fariz Yurizkiandi |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 04:09 |
Last Modified: | 06 Sep 2021 04:09 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5390 |
Actions (login required)
View Item |