Hasnah, Najma (2022) Representasi Warna di Industri Kosmetik (Analisis Semiotika Sosial pada Instagram @OOPSSkin). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (462kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (782kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (8kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (121kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (944kB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan warna pastel mendominasi industri tahun ini. Penelitian ini mengulas representasi warna dalam industri kosmetik. Penelitian ini untuk menemukan dugaan adanya representasi warna pada Industri kosmetik. Semiotika sosial adalah sebuah ilmu yang mempelajari sederetan objek, peristiwa, kebudayaan, dan lain-lain di tengah masyarakat sebagai sebuah tanda yang memiliki arti tertentu. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan dalam penelitian menggunakan metode analisis isi (content analysis) dengan analisis semiotika sosial Theo Van Leeuwen. Hasil penelitian adalah dengan adanya kecenderungan warna pastel pada postingan Instagram OOPSSkin dan desain packaging produk OOPSSkin, maka adanya representasi warna pastel pada industri kosmetik yang memicu adanya bias gender. Selain itu penggunaan warna pastel pada industri kosmetik, mayoritas penentuan warnanya karena sasaran marketing yaitu pengguna skincare perempuan dengan usia belia. Kata Kunci: Representasi Warna, Industri Kosmetik, Semiotika Sosial
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi Warna, Industri Kosmetik, Semiotika Sosial |
Subjects: | Communication Science > Semiotics and Consumer Culture Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Najma Hasnah |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 08:11 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 08:11 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5921 |
Actions (login required)
View Item |