Abiansyah, Ahmad (2022) BERMAIN DENGAN GENDER : SEBUAH ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP PRAKTIK CROSSDRESSING DALAM IKLAN APLIKASI KARAOKE STARMAKER. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (cover)
00 cover.pdf - Submitted Version Download (636kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04 BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (97kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (740kB) | Request a copy |
Abstract
Gender merupakan sebuah nilai-nilai sosial yang telah dibentuk sejak lama oleh lingkungan sosial budaya tentang peran fungsi sosial dari seorang laki-laki maupun wanita. Nilai yang telah dibentuk sejak lama tersebut pun menjadi acuan standar dari sosok laki-laki dan wanita itu sendiri. Namun, untuk pelaku cosplayer nilai-nilai tersebut tidak berlaku. Pelaku cosplay seakan bebas berekspresi memainkan peran gender yang telah dibentuk sejak lama. Pelaku cosplay dengan bebasnya memainkan peran sosok sebagai aktor, penyanyi, karakter anime dan lain sebagainya meskipun tokoh yang diperagakannya berseberangan dengan jenis kelamin aslinya. Gender ini pun dijadikan ide dari iklan-iklan yang mengusung sebuah konsep gender. Dalam penelitian ini peneliti memilih iklan yang mengusung konsep bermain dengan gender yang terdapat pada iklan aplikasi karaoke Starmaker. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan menggunakan metode semiotika Charles Sanders Peirce dalam menganalisis tanda-tanda yang menggambarkan gender yang ada dalam iklan tersebut.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gender, Crossdress Cosplay, Iklan, Semiotika |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ahmad Abiansyah |
Date Deposited: | 12 May 2022 04:08 |
Last Modified: | 12 May 2022 04:08 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6114 |
Actions (login required)
View Item |