Fauzi, Rizky Muhammad (2022) REPRESENTASI BUDAYA PERILAKU KONSUMTIF PADA FILM ORANG KAYA BARU (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
00 cover.pdf - Submitted Version Download (273kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (701kB) |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (135kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (140kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (733kB) |
Abstract
Film merupakan media massa yang memproduksi pergerakan, gambar, dan suara. Selain itu film dapat menghasilkan ilusi dari kehidupan, kenyataan, membuka dan menciptakan perspektif baru. Rumusan masalah yang terjadi adalah untuk melihat bagaimana budaya perilaku konsumtif pada film Orang Kaya Baru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana denotasi, konotasi, dan mitos budaya perilaku knsumtif yang ditampilkan pada film Orang Kaya Baru dan untuk mengetahui bagaimana representasi budaya perilaku konsumtif pada film Orang Kaya Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis Semiotika Roland Barthes. Representasi, budaya perilaku konsumtif, dan film sebagai media massa. Dari hasil penelitian ini menunjukkan tanda-tanda yang memberikan makna mengenai aktivitas atau perilaku konsumtif yang muncul di dalam tiga belas scene atau adegan. Tanda-tanda tersebut di hasilkan oleh denotasi, konotasi, dan mitos yang dikaitkan oleh aspek perilaku konsumtif yang berupa pembelian implusif, pemborosan dan juga pembelian tidak rasional. Dari hasil ketiganya, aspek perilaku konsumtif direpresentasikan sebagai upaya menegaskan segala hal yang dilakukan oleh orang kaya adalah dengan memperlakukan diri secara eksklusif dan mendapat banyak tanggapan positif dari orang sekitar. Kata Kunci : Analisis Semiotika, Representasi, Budaya Perilaku Konsumtif, Film sebagai media massa
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Semiotika, Representasi, Budaya Perilaku Konsumtif, Film sebagai media massa |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Journalism Communication Science > Mass Media Communication Communication Science > Mass Media Communication Science > Semiotics and Consumer Culture Thesis Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Muhammad Rizky Fauzi |
Date Deposited: | 17 Aug 2022 09:49 |
Last Modified: | 17 Aug 2022 09:49 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6328 |
Actions (login required)
View Item |