REPRESENTASI BUDAYA PERILAKU KONSUMTIF PADA FILM ORANG KAYA BARU (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Fauzi, Rizky Muhammad (2022) REPRESENTASI BUDAYA PERILAKU KONSUMTIF PADA FILM ORANG KAYA BARU (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (733kB)

Abstract

Film merupakan media massa yang memproduksi pergerakan, gambar, dan suara. Selain itu film dapat menghasilkan ilusi dari kehidupan, kenyataan, membuka dan menciptakan perspektif baru. Rumusan masalah yang terjadi adalah untuk melihat bagaimana budaya perilaku konsumtif pada film Orang Kaya Baru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana denotasi, konotasi, dan mitos budaya perilaku knsumtif yang ditampilkan pada film Orang Kaya Baru dan untuk mengetahui bagaimana representasi budaya perilaku konsumtif pada film Orang Kaya Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis Semiotika Roland Barthes. Representasi, budaya perilaku konsumtif, dan film sebagai media massa. Dari hasil penelitian ini menunjukkan tanda-tanda yang memberikan makna mengenai aktivitas atau perilaku konsumtif yang muncul di dalam tiga belas scene atau adegan. Tanda-tanda tersebut di hasilkan oleh denotasi, konotasi, dan mitos yang dikaitkan oleh aspek perilaku konsumtif yang berupa pembelian implusif, pemborosan dan juga pembelian tidak rasional. Dari hasil ketiganya, aspek perilaku konsumtif direpresentasikan sebagai upaya menegaskan segala hal yang dilakukan oleh orang kaya adalah dengan memperlakukan diri secara eksklusif dan mendapat banyak tanggapan positif dari orang sekitar. Kata Kunci : Analisis Semiotika, Representasi, Budaya Perilaku Konsumtif, Film sebagai media massa

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Analisis Semiotika, Representasi, Budaya Perilaku Konsumtif, Film sebagai media massa
Subjects: Communication Science
Communication Science > Journalism
Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > Mass Media
Communication Science > Semiotics and Consumer Culture
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Rizky Fauzi
Date Deposited: 17 Aug 2022 09:49
Last Modified: 17 Aug 2022 09:49
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6328

Actions (login required)

View Item View Item