Seniara, Shella (2022) SEMIOTIKA BODY SHAMING PADA DRAMA KOREA TRUE BEAUTY. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (171kB) | Preview |
Text (BAB I)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (423kB) |
|
Text (BAB II)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (220kB) | Preview |
Abstract
Drama Korea True Beauty merupakan salah satu drama Korea yang diangkat dari webtoon Korea. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan wujud makna denotasi, konotasi, dan mitos yang terdapat pada drama Korea True Beauty. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika dari Roland Barthes menggunakan teknik pengumpulan data literatul yang digunakan untuk mendapatkan informasi tertentu. Hasil yang diperoleh dalam penelitian pada drama Korea True Beauty menemukan temuan-temuan sebagai berikut: (1) Makna denotasi dan konotasi pada drama Korea ini memberikan pemahaman bagaimana tindakan body shaming itu ditampilkan dan memperlihatkan bahwa tindakan body shaming kerap dilakukan oleh berbagai kalangan baik anak-anak, remaja, bahkan sampai dewasa. (2) Mitos yang dapat disimpulkan dalam penelitian ini adalah mitos kecantikan sangat identik dengan perempuan dan bagaimana peran media yang sangat penting dalam mempresentasikan kecantikan sehingga membuat orang yang tidak sesuai dengan standar kecantikan akan mendapatkan tindakan body shaming. Pada umumnya penduduk Korea Selatan memandang penampilan fisik terutama wajah yang menjadi prioritas utama sehingga banyak penduduk yang melakukan operasi pllastik untuk mendapatkan wajah yang ideal.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Body Shaming, Drama Korea, Kecantikan, Roland Barthes |
Subjects: | General Works > Collections. Series. Collected works Marketing > General Works > Collections. Series. Collected works General Works > Collections. Series. Collected works Food Science and Technology > General Works > Collections. Series. Collected works Food Science and Technology > General Works > Collections. Series. Collected works Collections. Series. Collected works Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Shella Seniara |
Date Deposited: | 17 Aug 2022 05:06 |
Last Modified: | 17 Aug 2022 05:06 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6349 |
Actions (login required)
View Item |