PROSES KOMUNIKASI VIRTUAL PADA KELOMPOK ESPORTS CALL OF DUTY : MOBILE TIM HUMBLE DALAM TUJUAN PENCAPAIAN PRESTASI

Baihaqi, Ahmad (2022) PROSES KOMUNIKASI VIRTUAL PADA KELOMPOK ESPORTS CALL OF DUTY : MOBILE TIM HUMBLE DALAM TUJUAN PENCAPAIAN PRESTASI. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (123kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB)

Abstract

Komunikasi di dalam kelompok selama ini diyakini harus melalui tatap secara fisik atau tatap muka seperti di dalam sebuah tim, organisasi, atau perusahaan. Dengan perkembangan teknologi, komunikasi kelompok yang awalnya dilakukan secara langsung melalui tatap muka sekarang dapat dilakukan secara virtual. Dengan berkembangnya teknologi tersebut komunikasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun dan bidang yang saat ini paling sering menggunakan komunikasi virtual tersebut adalah kelompok Esports. Dengan semakin berkembangnya teknologi tercipta juga game online yang dapat dimainkan dengan menggunakan perangkat seperti personal computer, laptop, bahkan smartphone dengan bantuan koneksi internet. Salah satu game online yang membutuhkan bantuan perkembangan teknologi seperti smartphone dan koneksi internet untuk memainkannya adalah Call Of Duty : Mobile. Penelitian ini berfokus pada proses komunikasi virtual yang terjadi pada kelompok Esports Tim Humble divisi Call Of Duty : Mobile. Bagaimana proses percakapan komunikasi virtual yang terjadi antara para anggota Tim Humble ketika berinteraksi di dalam game maupun di luar game serta hambatan-hambatan yang terjadi. Penelitian ini adalah penelitan kualitatif dengan pendekatan netnografi. Hasilnya didapatkan bahwa pola komunikasi yang terjadi pada Tim Humble bersifat satu arah, dua arah, dan multi arah. Komunikasi yang terjadi pada Tim Humble berdampak positif karena membantu mereka dalam mendapatkan sebuah prestasi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Kelompok, Esports, Pola Komunikasi, Komunikasi Virtual, Game Online
Subjects: Communication Science
Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Interpersonal Communication
Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ahmad Baihaqi
Date Deposited: 20 Aug 2022 12:42
Last Modified: 20 Aug 2022 12:42
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6629

Actions (login required)

View Item View Item