ANDRIYANTO, BAYU (2022) STRATEGI MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF STASIUN TELEVISI TVONE MELALUI SUMBER DAYA PENGETAHUAN DALAM MENGHADAPI MIGRASI TV DIGITAL (STUDI KASUS TVONE). Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
00 COVER.pdf - Submitted Version Download (240kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (134kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan kebijakan Analog Switch Off atau ASO dalam industri penyiaran televisi Indonesia memberikan dampak yang signifikan pada persaingan antar stasiun televisi. Perubahan penggunaan teknologi yang memicu potensi peningkatan jumlah stasiun televisi perlu direspon oleh stasiun televisi untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Pendekatan sumber daya yang dimiliki oleh sebuah stasiun televisi bisa menjadi salah satu strategi yang dibangun untuk menciptakan keunggulan kompetitif dalam industry penyiaran televisi Indonesia. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan metode wawancara dengan studi kasus pada PT Lativi Media Karya atau tvOne. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan dengan level Wakil Pemimpin Redaksi, General Manager hingga Eksekutif Produser yang berkaitan langsung dalam proses produksi tayangan televisi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sumber daya pengetahuan berupa kreativitas memegang peranan besar untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan landasan untuk bersaing dengan kompetitor. Sumber daya pengetahuan berupa kreativitas diyakini dapat menghasilkan tayangan program yang menarik secara audio visual yang akan menghasilkan rating/share yang optimal dengan dukungan sumber daya lainnya. Untuk mengelola sumber daya pengetahuan berupa kreativitas, management stasiun televisi harus mempertimbangkan kanal atau wadah secara formal ataupun informal untuk mengelola, mengaplikasikan dan mengevaluasi kreativitas sebagai dasar produksi program televisi yang disertai pembekalan kemampuan secara konsisten bagi setiap individu untuk mendorong terciptanya kreativitas.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keunggulan Kompetitif, Sumber Daya Pengetahuan, Kreativitas, Analog Switch Off, Migrasi Digital Televisi |
Subjects: | Management > Corporate Sustainability Strategy Communication Science > Mass Media Thesis > Thesis (S2) Knowledge Management > Organizational Needs |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management |
Depositing User: | Bayu Andriyanto |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 04:15 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 04:15 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6852 |
Actions (login required)
View Item |