Yuniar, Nurfira (2023) SEGMENTASI SERTIFIKAT HALAL PADA WILAYAH INDONESIA MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING DI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN PRODUK HALAL. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
00. Cover.pdf.pdf - Submitted Version Download (677kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (983kB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (688kB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (83kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf.pdf - Submitted Version Download (87kB) | Preview |
Abstract
Kebutuhan produk halal saat ini telah menjadi isu universal, yang mempengaruhi seluruh pelanggan tidak hanya umat muslim. Sertifikat halal dapat menjamin keamanan, kebersihan dan kehalalannya, sehingga mampu meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan K-Means clustering untuk mengidentifikasi segmentasi sertifikat halal di Indonesia. Sehingga, pemerintah dapat membuat strategi yang cocok untuk masing-masing kelompok wilayah. Terdapat 12 variabel yang menjadi tolak ukur dalam penelitian ini, yaitu Jumlah sertifikat Halal, Jumlah produk Halal, Jumlah sertifikat halal berdasarkan jenis pendaftaran, skala usaha, jenis layanan, area pemasaran serta rata-rata pertumbuhan dari masing-masing variabel. Pengolahan data dibantu dengan aplikasi SPSS V.25. Hasil penelitian menunjukan bahwa Cluster 1 merupakan kelompok wilayah dengan rata-rata pertumbuhan sertifikat halal tertinggi, tetapi kurang dalam kuantitas. Cluster 2 merupakan kelompok wilayah dengan rata-rata tingkat pertumbuhan yang selalu positif. Cluster 3 merupakan kelompok wilayah yang memiliki rata-rata pertumbuhan sertifikat halal terendah, dan cenderung mengalami penurunan pada tahun terakhir. Cluster 4 merupakan kelompok wilayah yang didominasi oleh usaha bisnis yang besar yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Cluster 5 merupakan kelompok wilayah yang didominasi oleh bisnis lokal yang berskala usaha mikro dan kecil.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sertifikat Halal, Segmentasi, Clustering, Clustering K-Means |
Subjects: | Marketing > Branding (Marketing) Marketing > Customer Relations Management (CRM) Management > Corporate Strategy Management Research > Market Orientation Thesis Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Nurfira Yuniar |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 08:06 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 08:06 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7172 |
Actions (login required)
View Item |