ANALISIS FRAMING PADA PEMBERITAAN NAIKNYA BBM JENIS PERTAMAX DI SUARA.COM PERIODE 31 MARET 2022 – 5 APRIL 2022

Chatriana, Julia (2023) ANALISIS FRAMING PADA PEMBERITAAN NAIKNYA BBM JENIS PERTAMAX DI SUARA.COM PERIODE 31 MARET 2022 – 5 APRIL 2022. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Submitted Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[thumbnail of BAB IV]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

Kenaikan harga BBM selalu menjadi masalah yang menjadi perhatian di seluruh lapisan masyarakat. Maka dari itu, tentu saja media massa menjadikan isu kenaikan BBM sebagai bahan dalam pemberitaan. Pada setiap media massa, berita dapat disajakan sesuai dengan sudut pandang dan ideologi media massa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis framing Robert Entman. Penelitian ini akan menjelaskan mengenai bagaimana media massa Suara.com melakukan framing pada pemberitaan mengenai kenaikan harga BBM jenis Pertamax. Pada hasil, menunjukan dari total 8 dari 62 berita yang sudah dipilih lalu dianalisis dengan pertimbangan periode waktu 31 Maret -5 April 2022 menghasilkan berita yang berimbang dengan hasil 4 berita Pro pada pemerintah dengan kenaikan harga Pertamax, 3 berita kontra dan 1 berita netral dengan kebijakan ini dengan jumlah 7 narasumber yang tidak mendukung kenaikan BBM ini. Peneliyian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai analisis framing dalam media dan khalayak dapat mengetahui tentang bingkai yang ada di media massa.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Kenaikan Harga Pertamax.
Subjects: Communication Science > Journalism
Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > Mass Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Julia Chatriana
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:39
Last Modified: 21 Mar 2023 06:39
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7628

Actions (login required)

View Item View Item