Analisis Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Prioritas pada Bank BUMN dengan Metode Analisis Kualitatif Grounded Theory

Kusumo, Galih (2023) Analisis Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Prioritas pada Bank BUMN dengan Metode Analisis Kualitatif Grounded Theory. Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN .pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari fenomena kepuasan dan loyalitas nasabah prioritas industri perbankan khususnya pada sebuah kantor cabang Bank di Indonesia. Penelitian ini mempelajari dan mengindentifikasi alasan nasabah prioritas memindahkan dananya ke bank lain. Peneliti menggunakan metode analysis Grounded Theory, sebagai instrumen untuk analisis kualitatif. Peneliti melaksanakan wawancara mendalam dengan enam nasabah yang telah memindahkan dananya ke bank. Analisis yang dilaksanakan terdiri atas pengkodean terbuka dari data untuk mengidentifikasi kategori dan tema; pengkodean aksial untuk menghubungkan kategori dan tema; dan pengkodean selektif untuk mengidentifikasi tema inti. Hasil temuan memperlihatkan kualitas layanan menjadi faktor utama pada konstruk loyalitas dan kepuasan nasabah yang menjadi alasan nasabah memindahkan dananya ke bank lain. Analisis kategori dan tema berdasarkan pengkodean aksial memperlihatkan bahwa tema kualitas layanan terhubung dengan semua tema lain di sepanjang rentang dimensi yang ada. Selain itu, peneliti menemukan dari wawancara bahwa fitur layanan menjadi kategori inti dari kualitas layanan dan menjadi faktor dari kepuasan dan loyalitas bagi nasabah. Dengan demikian, Kualitas Layanan berperan sebagai tema sentral dalam penelitian ini. Kualitas layanan yang baik akan menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi nasabah untuk terus melakukan transaksinya sehingga mereka tidak akan pindah ke bank lain.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan, kepuasan dan loyalitas nasabah, grounded theory
Subjects: Customer Behavior
Customer Satisfaction
Service Quality
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Galih Kusumo
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:46
Last Modified: 11 Aug 2023 04:46
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7870

Actions (login required)

View Item View Item