Garcia, Denni (2023) PENGARUH MENU PADA MINAT BELI KONSUMEN MELALUI APLIKASI PEMESANAN MAKANAN ONLINE. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
(00. Cover.pdf).pdf - Submitted Version Download (317kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
(01. BAB I-III.pdf).pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
(02. BAB IV.pdf).pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
(03. BAB V.pdf).pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
(04. BAB Daftar Pustaka.pdf).pdf - Submitted Version Download (219kB) | Preview |
Text (Lampiran)
(05. Lampiran.pdf).pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
Abstract
Menu online adalah daftar makanan dan minuman yang tersedia dalam format digital, biasanya diakses melalui situs web, aplikasi seluler, atau platform online lainya. Menu online seringkali digunakan oleh restoran, kafe, layanan pengantaran makanan, atau bisnis sejenis untuk memungkinkan pelanggan melihat menu, harga, deskripsi, dan informasi lainya tentang produk makanan atau minuman yang ditawarkan.Pada saat pandemi COVID-19, banyak restoran, kafe maupun pelaku usaha sejenis terkena dampak negatif yang cukup serius, pendapatan yang kecil dan kerugian yang besar adalah faktor utama bagi pelaku usaha tersebut. COVID-19 merupakan virus yang belum lama ditemukan, sehingga banyak pihak yang tidak mengerti bagaimana cara menanganinya. Penularan virus ini sangat cepat menyebar sehingga menimbulkan rasa ke-khawatiran masyarakat di Indonesia.Industri makanan dan minuman merupakan industri terkena dampak paling besar dari kasus COVID-19. Anjuran pemerintah untuk melarang masyarakat makan di tempat wajib dilakukan bagi seluruh restoran. Anjuran tersebut gilirannya, sangat mempengaruhi industri makanan dan minuman itu sendiri.Sebagian besar usaha makanan dan minuman mengubah konsep pembelian mereka hampir seluruhnya menjadi online. Tujuan dilakukanya penggantian konsep pembelian ini untuk menghindari kontak langsung antar penjual dan pembeli.Penelitian ini menggunakan model konseptual Model Organisme Response (S-O-R) untuk memprediksi niat beli konsumen dalam konteks pemesanan makanan secara online. Penelitian ini memasukkan dua rangsangan, Pemasaran (yaitu menu restoran online) dan sosial (yaitu situasi pandemi) untuk memenuhi kebutuhan permintaan konsumen akan makanan restoran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor: daya tarik menu, menu informatif, persepsi resiko Covid-19, keinginan untuk makan, kenyamanan yang dirasakan dari pemesanan makanan online apakah memiliki pengaruh terhadap niat beli konsumen di masa pandemi. Di dalam penelitian ini, data kuantitatif dikumpulkan melalui platform online yang disebarkan dalam bentuk google form dan melibatkan 122 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan software SmartPLS dengan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 4 dari 6 hipotesis yang diterima yaitu: daya tarik menu, menu informatif, keinginan untuk makan, dan minat beli. Sedangkan 2 hipotesis lainya yaitu: persepsi resiko covid-19, dan kenyamanan yang dirasakan dari pemesanan makanan online ini ditolak.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menu Online, Covid-19, Minat Beli, Model Organisme Response (S-O-R). |
Subjects: | Food Science and Technology > Food Management Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri |
Depositing User: | Denni Garcia |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 06:51 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 06:51 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8827 |
Actions (login required)
View Item |