IMPLEMENTASI CONSTRAINT SATISFACTION PROBLEM (CSP) DALAM PENGELOLAAN RESERVASI MEJA MAKAN SOTO KUDUS OTISTA

Figlio, Kevin Rizqi (2024) IMPLEMENTASI CONSTRAINT SATISFACTION PROBLEM (CSP) DALAM PENGELOLAAN RESERVASI MEJA MAKAN SOTO KUDUS OTISTA. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (866kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan teknologi informasi pada zaman modern ini sudah banyak digunakan pada kehidupan sehari-hari oleh manusia di hampir seluruh dunia. Teknologi informasi juga dapat mendatangkan keuntungan besar pada sektor bisnis, salah satunya pemanfaatan teknologi digital pada bisnis kuliner. Kegiatan yang dapat dilakukan contohnya yaitu reservasi meja makan secara online di suatu rumah makan. Pada penelitian ini, pengembangan difokuskan untuk pembuatan model solusi (solver) dan melakukan empat tahap simulasi untuk mengelola reservasi meja makan pada rumah makan Soto Kudus Otista, Jakarta Timur yang sudah beroperasi selama puluhan tahun. Model reservasi ini telah dibuat menggunakan metode Constraint Satisfaction Problem (CSP) menggunakan algoritma Depth First Search (DFS) dan algoritma Depth First Search (DFS) dengan Backtracking dengan memperhatikan variabel, domain, dan batasan-batasan (constraints) yang ada pada rumah makan tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan observasi pihak Soto Kudus Otista. Model solusi telah diuji coba dengan data uji dan hasil uji coba dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan model solusi (solver) yang efisien untuk rumah makan Soto Kudus Otista menggunakan algoritma Depth First Search (DFS) dan Depth First Search (DFS) dengan Backtracking dengan static domain yaitu meja makan, kursi dan pengunjung untuk solusi masalah manajemen meja makan. Pengujian model solver dengan menggunakan parameter waktu eksekusi program dan complexity analysis: Time Complexity, Space Complexity, Optimality dan Completeness menunjukkan bahwa Algoritma Depth First Search (DFS) dengan Backtracking memberikan hasil yang optimal dari aspek waktu eksekusi dan konsisten dengan seluruh parameter complexity analysis jika dibandingkan dengan Algoritma Depth First Search (DFS).

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Model Solusi Reservasi, Reservasi Meja Makan, Constraint Satisfaction Problem, Constraint Programming, Algoritma Depth First Search, dan Algoritma Depth First Search dengan Backtracking
Subjects: Computer Science > Information Systems
Computer Science > Information analysis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Informatika
Depositing User: Kevin Rizqi Figlio
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:30
Last Modified: 25 Jan 2024 07:30
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8936

Actions (login required)

View Item View Item