Putra, Nandi Andrian Kurnia (2024) EVALUASI PENERAPAN STRATEGI DISTRIBUSI PELUMAS KENDARAAN BERMOTOR BERDASARKAN KATEGORI PRODUK DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PELUMAS VALVOLINE. Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Text (COVER)
00.COVER.pdf - Accepted Version Download (278kB) |
|
Text (BAB I-III)
01.BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (846kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03.BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (184kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
05.LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
Abstract
Industri otomotif di Indonesia selalu berjalan dengan stabil, kecuali pada saat terjadi pandemi Covid-19 dimana seluruh industri mengalami penurunan yang signifikan. Hal ini juga berpengaruh pada industri pelumas sebagai salah satu sektor pendukungnya. Valvoline sebagai perusahaan pelumas di dunia berusaha menjadi pemain di pasar Indonesia dengan cara menunjuk distributor-distributor untuk menyebarluaskan pemasaran produk pelumasnya. Dalam menjalankan strategi bisnis di pasar retail Indonesia, Valvoline memulai dengan menunjuk distributor yang menjalankan kedua segmen produk retailnya, yaitu pasar pelumas motor dan pelumas mobil. Di tahun 2023, Valvoline mencoba strategi bisnis baru, yaitu dengan memisahkan distributor berdasarkan kategori produk motor dan mobil. Strategi bisnis baru ini dicoba pertama kali di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Penelitian kualitatif ini dilakukan metode evaluasi Tindakan terhadap strategi pemisahan distributor pelumas kendaraan bermotor dilihat dari strategi Valvoline Global dan kinerja distributor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi terhadap perubahan strategi membutuhkan waktu dan peningkatan penjualan bergantung juga pada banyak faktor selain perubahan strategi bisnis.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | distributor, strategi bisnis, kategori produk, metode evaluasi tindakan, pemisahan distributor |
Subjects: | Management > Corporate Strategy Thesis > Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management |
Depositing User: | Nandi Andrian Kurnia Putra |
Date Deposited: | 28 May 2024 09:34 |
Last Modified: | 28 May 2024 09:34 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9531 |
Actions (login required)
View Item |