Murdena, Alvia Fridyan (2024) Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Thrifting Di @Garage.sale_jkt. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (COVER)
1201003137_Alvia Fridyan Murdena_Skripsi-halaman-1.pdf - Accepted Version Download (272kB) |
|
Text (BAB I-III)
1201003137_Alvia Fridyan Murdena_Skripsi-halaman-2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (588kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
1201003137_Alvia Fridyan Murdena_Skripsi-halaman-3.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (616kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
1201003137_Alvia Fridyan Murdena_Skripsi-halaman-4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (34kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1201003137_Alvia Fridyan Murdena_Skripsi-halaman-5.pdf - Accepted Version Download (156kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1201003137_Alvia Fridyan Murdena_Skripsi-halaman-6.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
Abstract
Thrifting diambil dari kata thrif yang berarti barang bekas. Thrif merupakan barang bekas yang sudah tidak terpakai namun masih memiliki nilai dan kondisi barang masih layak untuk dipakai dan layak jual. Indonesia merupakan salah satu negara yang perkembangan fashionnya tidak luput dari pengaruh budaya luar. Penggunaan fashion denga harga mahal membuat sebagian orang merasa tidak cukup mampu untuk mengikuti tren fashion. Dengan menggunakan thrifting sebagai alternatif pembelian produk, membuat anak muda dan masyarakat untuk bisa mendapatkan barang fashion dengan kualitas bagus dengan harga murah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian thrifting. Penelitian ini menggunakan Metode studi kasus eksplanatif yang menjelaskan kasus dari teori atau konsep Cognitive Decision-Making dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori perilaku konsumen dari Clow and Baack yang berfokus pada Cognitive Decision-Making yang menggunakan dimensi (1) Problem Recognition, di mana konsumen menyadari kebutuhan atau keinginan untuk membeli produk; (2) Information Search, yang dilakukan melalui media sosial, ulasan konsumen, dan rekomendasi teman; (3) Evaluation Alternatives, di mana konsumen membandingkan produk dan harga yang ditawarkan; (4) Purchase Decision, di mana konsumen memutuskan untuk membeli produk tertentu; (5) Postpurchase Evaluation yang mencakup kepuasan atau ketidakpuasan konsumen terhadap produk yang dibeli serta niat untuk melakukan pembelian ulang. Namun penggunaan thrifting hingga saat ini menjadi gaya hidup dan alternatif anak muda dalam mengikuti tren fashion karena mendapatkan barang dengan kualitas bagus harga rendah.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengambilan Keputusan Pembelian, Gaya Hidup, Thrift Behavior, Thrifting. |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Communication Science > Mass Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Alvia Fridyan Murdena |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 07:56 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 07:56 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9724 |
Actions (login required)
View Item |