ANALISIS PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE HUMAN RESOURCE SCORECARD (HRSC) DI PT.X

KHOLIFAH, IKHTARI (2024) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE HUMAN RESOURCE SCORECARD (HRSC) DI PT.X. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (312kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (6kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Turnover adalah proses di mana seorang karyawan meninggalkan suatu perusahaan, baik secara sukarela maupun tidak sukarela. Selama periode 2020–2023, PT. X, sebuah perusahaan batubara, melihat rasio turnover karyawan meningkat. Pengendalian sumber daya manusia (SDM) sangat penting karena kinerja karyawan merupakan salah satu ukuran keberhasilan bisnis. Selama ini, analisis kinerja hanya melihat softskill karyawan dan cenderung subjektif. Faktor personal adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, dan komitmen karyawan terhadap organisasi sangat penting. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan metode Human Resources Scorecard (HRSC), yang menilai kinerja karyawan dari empat sudut pandang: finansial, pelanggan, operasi, dan strategi. Hasil dari penelitian yang dilakukan, untuk kinerja karyawan perspektif financial memiliki hasil; pada tahun 2020 sebesar 3.49 tergolong sedang, pada tahun 2021 sebesar 2.97 tergolong sedang, pada tahun 2022 sebesar 3.49 tergolong sedang, dan pada tahun 2023 sebesar 2.49 tergolong kurang. Dari perspektif pelanggan memiliki hasil; pada tahun 2020 sebesar 2.32 tergolong kurang, pada tahun 2021 sebesar 2.45 tergolong kurang, pada tahun 2022 sebesar 2.32 tergolong kurang, sedangkan pada tahun 2023 sebesar 2.97 tergolong sedang. Dari perspektif operasi memiliki hasil; pada pada tahun 2020 sebesar 3.36 tergolong sedang, pada tahun 2021, 2022, dan 2023 sebesar 4.00 tergolong kinerja baik. Dari perspektif strategik memiliki hasil; pada tahun 2020 sebesar 3.82 tergolong baik, pada tahun 2021 sebesar 3.00 tergolong sedang, pada tahun 2022 sebesar 4.00 tergolong baik, sedangkan pada tahun 2023 kinerja nya berangsur turun dengan skor terbobot sebesar 2.65 tergolong kinerja kurang.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kinerja Karyawan, HRSC, KPI, AHP
Subjects: Knowledge Management > Organizational Needs
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Kholifah Ikhtari
Date Deposited: 30 Aug 2024 09:10
Last Modified: 30 Aug 2024 09:10
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10341

Actions (login required)

View Item View Item