Gunawan, Annistiya (2024) ANALISIS PENGARUH DAMPAK BEBAN DINAMIS OLEH GETARAN BEBAN LALU LINTAS TERHADAP STABILITAS DIAPHRAGM WALL. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (450kB) |
|
Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (186kB) |
Abstract
Pada kawasan ibukota, seperti yang sering terjadi di pusat-pusat kota besar, keterbatasan lahan menjadi masalah yang signifikan akibat banyaknya pembangunan infrastruktur dan gedung. Pembangunan gedung bertingkat di kawasan dengan lahan terbatas sering memerlukan perencanaan basement yang cermat untuk mencegah keruntuhan struktur. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan ruang di lahan yang terbatas, perencanaan basement menjadi kritis untuk memastikan stabilitas struktural yang memadai. Salah satu solusi teknik yang sering diterapkan untuk memperkuat tanah dan mencegah keruntuhan adalah penggunaan diaphragm wall. Struktur ini dirancang untuk menahan gaya kateral yang berasal dari beban statis dan dinamis, termasuk beban lalu lintas kendaraan yang dapat berkontribusi pada perubahan kondisi tanah di sekitar fondasi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban dinamis dari lalu lintas terhadap stabilitas diaphragm wall dengan menggunakan pendekatan teori Mohr-Coulomb dan pemodelan elemen hingga melalui perangkat lunak PLAXIS.Dalam penelitian ini menggunkan 4 pemodelan untuk menganalisis daya dukung, dan deformasi dinding penahan tanah. Penelitian mencakup simulasi numerik untuk mengevaluasi perilaku tanah di sekitar diaphragm wall dalam kondisi beban dinamis, serta perbandingan terhadap faktor keamanan, deformasi, defleksi, dan distribusi tegangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor keamanan berbanding terbalik dengan deformasi dan defleksi yang diakibatkan oleh beban lalu lintas. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya perencanaan yang teliti dalam merencanakan diaphragm wall untuk memastikan stabilitas struktur bawah tanah yang optimal di bawah pengaruh beban dinamis.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diaphragm wall, Beban Dinamis, Stabilitas, Mohr-Coulomb, Elemen Hingga, Plaxis, Perkuatan Tanah. |
Subjects: | Civil Engineering > Foundation Engineering Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Annistiya Gunawan |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:49 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:49 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10347 |
Actions (login required)
View Item |